HUBUNGAN ANTARA STATUS KESEHATAN, FREKUENSI MENGKONSUMSI BAHAN MAKANAN DAN KONSUMSI TABLET Fe.90 DENGAN KADAR HEMOGLOBIN IBU HAMIL TRISEMESTER III (Studi Kasus di Wilayah Kerja Puskesmas Bener Kabupaten Purworejo)

WURYANI , WIWIK (2000) HUBUNGAN ANTARA STATUS KESEHATAN, FREKUENSI MENGKONSUMSI BAHAN MAKANAN DAN KONSUMSI TABLET Fe.90 DENGAN KADAR HEMOGLOBIN IBU HAMIL TRISEMESTER III (Studi Kasus di Wilayah Kerja Puskesmas Bener Kabupaten Purworejo). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
13Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Masa kehamilan merupakan periode yang sangat menentukankualitas sumberdaya manusia dimas yang akandatang, karena tumbuh kembang anak sangat ditentukanoleh kondisi pada saat janin dalam kandungan. Anemia pada kehamilan dapat menyebabkan efek buruk baik pada wanit ahamil itu sendiri maupun pada bayi yang dilahirkannya. Prevalensi anemia ibu hamil berkisar 20-80% sedangkan menurut hasil pemetaan anemia Jateng th 1999, Kabupaten Purworejo mempunyai angka prevalensi 77,8%. tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan antara status kesehatan, frekuensi mengkonsumsi bahan makanan serta konsumsi tablet Fe.90 dengan kadar Hb ibu hamil trisemester III di Puskesmas Bener Kabupaten Purworejo. Penelitian ini termsuk jenis penelitian Explanatory . Sampel penelitian adalah ibu hamil trisemester III yang terpilih menjadi responden. Hasil penelitian ini dengan menggunakan uji statistik Product Moment menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara jumlah telur cacing, frekuensi mengkonsumsi bahan makanan, tingkat konsumsi protein, Fe dan vit C dengan kadar Hb ibu hamil trisemester III. Sedangkan untuk ukuran LILA ada hubungan bermakna dengan kadar Hb ibu hamil trisemester III. Dan uji statistik dengan menggunakan Chi Square untuk riwayat malaria menunjukkan tidak ada hubungan antara riwayat hidup malaria dengan kadar Hb ibu hamil trisemester III. Kesemuanya itu bisa terjadi karena kelemahan metode penelitian yang digunakan maupun disebabkan karena kondisi fisiologis responden. Proporsi kadar Hb ibu hamil trisemester III di wilayah kerja Puskesmas Bener sebagian besar 93,8% mempunyai kadar Hb<11g%. Untuk itu saran yang diajukan bagi pengelola program perlu adanya penyuluhan yang terus menerus atau berkesinambungan agar masalah anemia ini dapat teratasi. Kata Kunci: IBU HAMIL, STATUS KESEHATAN, KADAR HB TABLET Fe.90

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:14102
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:11 Jun 2010 10:58
Last Modified:11 Jun 2010 10:58

Repository Staff Only: item control page