HUBUNGAN ANTARA PRAKTEK IBU DALAM PENYIAPAN MAKANAN DAN MINUMAN BAGI BALITA DENGAN KEJADIAN DIARE PADA BALITA (DI PEMUKIMAN SEKITAR TEMPAT PEMBUANGAN AKHIR SAMPAH KOTAMADIA MAGELANG DI DESA BANYUURIP KECAMATAN TEGALREJO KABUPATEN MAGELANG)

SULASTRI, SITI (1999) HUBUNGAN ANTARA PRAKTEK IBU DALAM PENYIAPAN MAKANAN DAN MINUMAN BAGI BALITA DENGAN KEJADIAN DIARE PADA BALITA (DI PEMUKIMAN SEKITAR TEMPAT PEMBUANGAN AKHIR SAMPAH KOTAMADIA MAGELANG DI DESA BANYUURIP KECAMATAN TEGALREJO KABUPATEN MAGELANG). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
27Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kejadian diare pada balita , kepadatan lalat dirumah responden, praktek ibu dalam penyiapan makanan dan minuman bagi balita dan hubungan praktek ibu dalam penyiapan makanan dan minuman bagi balita dengan kejadian dire pada balita (12-59 bualn) di pemukiman sekitar tempat pembuang akhir sampah kotamadia Magelang di Desa Banyuurip Kecamatan Tegal rejo Kabupaten Magelang. Jumlah[ adalah eksplanatory research, analisis data menggunakan chi square dengan SPSS versi 6.0. data di kumpulkan dengan mengukur kepadatan observasi dan wawancara dengan responden. Hasil penelitian sebanyak 45,5% balita menderita diare, 41,7% responden mempunyai kepadatan lalat sedang dan 58,3% memepunyai lalat rendah. Sebanyak 58,3% responden mempunyai praktek baik dan 58,3% buruk dalam penyiapan makanan dan minuman bagi balita. Ada hubungan antara praktek ibu dalam penyiapan makanan dan minuman bagi balita dengan kejadian deare pada balita. Bagi masyarakat desa Banyuurip lebih memperhatikan kebersihan lingkungan seperti membuang sampah di tempat sampah. Lebih memperhatikan hal-hal yang dianggap remeh dalam penyiapan maanan dan minuman bagi balita seperti mencuci tangan dengan sabun terlebih dahulu. Perlu penelitian lebih lanjut untuk mengetahui secara detail hal-hal yang mempengaruhi praktek ibu dalam penyiapan makanan dan minuman bagi balita. Kata Kunci: LALAT, PERILAKU IBU, DIARE PADA BALITA

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:14097
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:11 Jun 2010 10:47
Last Modified:11 Jun 2010 10:47

Repository Staff Only: item control page