PENGARUH POLA KONSUMSI DAN STATUS GIZI TERHADAP TEKANAN DARAH (STUDI PADA PENDUDUK WANITA DEWASA DI KELURAHAN PADANG SARI KECAMATAN BANYUMANIK KOTA SEMARANG)

SUDIARTA, I WAYAN (2000) PENGARUH POLA KONSUMSI DAN STATUS GIZI TERHADAP TEKANAN DARAH (STUDI PADA PENDUDUK WANITA DEWASA DI KELURAHAN PADANG SARI KECAMATAN BANYUMANIK KOTA SEMARANG). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
13Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Sifat penelitian ini adalah penelitian penjelasan, sedangkan metode penelitian adalah surei dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian adalah penduduk dewasa wanita kelurahan Padang Sari yang berumur 30-55 th dan sampel terpilih 86 orang. Data yang dikumpulkan yaitu data pola konsumsi (tingkat konsumsi energi, lemak, protein), status gizi (IMT) dan tekanan darah (diastolik). Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan langsung dan wawancara dengan menggunakan kuesioner, serta penimbangan BB, pengukuran TB serta pengukuran darah. Analisis data dilakukan secara deskripsi dan inferensial. Analisis deskripsi disajikan dalam bentuk gambar dan tabel distribusi frekuensi, sedangkan analisis inferensial menggunakan analisis regresi linier dengan taraf signifikansi 95%. dari penelitian ini diketahui tingakat konsumsi energi responden rata-rata 91,14%, dengan simpang baku 19%, tingkat konsumsi lemak rata-rata 85,21%, sb 9,99%, tingkat konsumsi protein rata-rata 126,8%, sb 25,3%, status gizi (IMT) rata-rata 22,75 sb 2,3 dan tekanan darah (diastolik) rata-rata 87,26 mmHg, sb 11,3 mHg. Dari analisis regresi linier didapatkan ada pengaruh negatif bermakna antara tingkat konsumsi energi terhadap tekanan darah pada taraf signifikan95%, p=0,029 (p<0,05, r=-0,205, r2=0,042. Dari analisis regresi linier didapatkan ada pengaruh positif bermakna antara konsums leak terhadap tekanan darah pada taraf signifikansi 95%. tidak ada pengaruh antara tingkat konsumsi protein dan status gizi terhadap tekanan darah paa taraf signifikansi 95%p>0,05. Saran yang dapat disampaikan, bagi orang dewasa terutama wanita usia lebih dari 30 th diharapkan berhati-hati dalam menkonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi. Bagi para peneliti yang ingin meneliti lebih jauh sebaiknya aktifitas fisik seperti olahraga serta konsumsi natrium juga diteliti agar mendapatkan hasil yang lebih baik. Kata Kunci: TEKANAN DARAH

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:14071
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:11 Jun 2010 09:59
Last Modified:11 Jun 2010 09:59

Repository Staff Only: item control page