Adi Nugroho, Sarlinto (2009) Memahami Consumer Insight Audiens Potensial Harian Sindo Jateng- DIY. Undergraduate thesis, Diponegoro University.
| PDF 96Kb |
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang menurunnya tiras Harian Sindo di wilayah Jawa Tengah dan DIY pada tahun 2008. Dari data Perusahaan, pada bulan Januari 2008 tiras Harian Sindo sebesar 658.341, sedangkan pada bulan Desember 2008 turun menjadi 201.072. Jika penurunan ini tidak ditindaklanjuti dengan baik, pada level terendah akan mengakibatkan tidak beredarnya lagi Harian Sindo di wilayah Jawa Tengah dan DIY. Untuk menindaklanjuti hal tersebut, diperlukan perubahan dalam mendekatkan Harian Sindo dengan audiens potensialnya, dimana pendekatan akan lebih tepat sasaran jika mengenal dengan baik siapa target audiensnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui insight dari audiens potensial Harian Sindo, yaitu orang- orang dewasa awal usia 18- 40 tahun yang berdomisili di wilayah Jawa Tengah dan DIY. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah audiens koran (Rivers & Peterson, 2004: 303), dan faktorfaktor karakteristik konsumen (Kotler, 2001: 196- 219). Tipe penelitian ini adalah kualitatif dengan metode etnografi. Subyek dalam penelitian ini adalah orang- orang dewasa awal usia 18- 40 tahun yang berdomisili di wilayah Jawa Tengah dan DIY. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara mendalam dan mengikuti kegiatan informan sebanyak 6 orang selama 3 hari.Teknik pengumpulan data yang digunakan mengacu pada metode dari Mariampolski (2006: 185- 186). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada usia 18- 40 tahun di wilayah Jawa Tengah dan DIY lebih banyak menghabiskan waktu untuk bekerja dan berkegiatan di luar rumah. Mereka adalah orang- orang usia produktif yang berorientasi pada masa depan. Segala perilaku yang mereka lakukan saat ini adalah bentuk dari investasi untuk masa depan, sehingga menjadikan mereka orang yang kerja keras. Kebutuhan dan persoalan hidup yang dijalani saat ini adalah semakin kompleks, sehingga ada kecenderungan untuk hidup mandiri, dan berkurangnya pengaruh dari teman maupun keluarga dalam menentukan pilihan hidup. Mereka juga mengalami penyesuaian hidup yang baru menuju level dewasa dan bertanggung jawab atas diri sendiri dan juga atas keluarga mereka (untuk informan yang sudah menikah). Terjadi juga perubahan minat, dari yang sebelumnya mengejar kesenangan sendiri, tapi sekarang juga mementingkan kesenangan dan kepentingan keluarga. Audiens potensial Harian Sindo adalah orang- orang dengan kebutuhan dan konsumsi media yang tinggi, sehingga terjadi tumpang tindih dalam konsumsi media.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication |
ID Code: | 14033 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 10 Jun 2010 15:30 |
Last Modified: | 10 Jun 2010 15:30 |
Repository Staff Only: item control page