Hubungan Gaya Kepemimpinan dan Iklim Komunikasi Organisasi dengan Kinerja Karyawan (Pada CV. Caturindo Pariwara Semarang)

Puspita Sari, Sona (2009) Hubungan Gaya Kepemimpinan dan Iklim Komunikasi Organisasi dengan Kinerja Karyawan (Pada CV. Caturindo Pariwara Semarang). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
54Kb

Abstract

Latar belakang penelitian ini didasari oleh perusahaan periklanan yang pada saat ini semakin maju. Peningkatan sebuag perusahaan iklan tentu saja tidak bisa lepas dari peran orang-orang yang turut membesarkannya. Pimpinan dan karyawan merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan, mereka diaplikasikan sebagai komponen penting dari sebuah perusahaanyang memiliki kemampuan dalam bekerja untuk mencapai tujuanperusahaan. Salah satunya adalah CV. Caturindo Paraiwara, yang merupakan perusahaan dibidang periklanan. Konflik yang terjadi adalah pimpinan CV. Caturindo Pariwara yang tidak terlalu sering berada di kantor sehingga kurangnya kontrol terhadap karyawannya dan beberapa karyawan yang mencari perhatian kepada pimpinan, hal ini tentu saja bagi karyawan yang bekerja dengan serius menjadi kurang mendapat “penghargaan” terhadap kinerjanya. Kurang kerja sama disini menunjukkan keadaan iklim komunikasi organisasi yang negatif. Untuk dapat bersaing dengan perusahaan lain tentu saja dibutuhkan kerja sama yang baik antara pimpinan dan karyawannya. Dengan kata lain gaya kepemimpinan, iklim komunikasi organisasi yang kondusif dibutuhkan guna mendorong meningkatnya kinerja karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan gaya kepemimpinan dan iklim komunikasi organisasi dengan kinerja karyawan. Teori yang digunakan untuk mendukung penelitian, antara lain teori fiedler dan teori Kopelma, Brief, dan Guzzo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan provitivistic. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan CV. Caturindo Pariwara yang berjumlah 43 responden, diambil menggunakan total sampling. Analisis data menggunakan uji korelasi Rank Kendall. Berdasarkan penghitungan statistik dengan menggunakan rumus uji korelasi Rank Kendall, diperoleh bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara gaya kepemimpinan dengan kinerja karyawan, artinya semakin baik gaya kepemimpinan yang digunakan, yaitu mengkombinasikan antara perilaku tugas dan hubungan, maka semakin tinggi kinerja karyawan. Sedangkan untuk iklim komunikasi organisasi dengan kinerja karyawan, juga memiliki hubungan yang signifikan, artinya semakin kondusif iklim komunikasi organisasi maka kinerja karyawan akan semakin tinggi. Saran yang dapat penulis ajukan adalah untuk meningkatkan kinerja karyawan sebaiknya pimpinan perusahaan meningkatkan kemampuan teknis, selain itu ada baiknya pimpinan menanyakan atau melihat langsung bagaimana karyawan melaksanakan pekerjaan mereka hal ini akan membantu meningkatkan kualitas hubungan interpersonal pimpinan dengan karyawan. Manajemen perusahaan sebaiknya meningkatkan transparansi kondisi perusahaan kepada karyawan. Hal ini dilakukan agar karyawan memahami kondisi yang terjadi pada perusahaan CV. Caturindo Pariwara.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
ID Code:14032
Deposited By:Jurusan Ilmu Komunikasi Fisip Undip
Deposited On:10 Jun 2010 15:25
Last Modified:10 Jun 2010 15:25

Repository Staff Only: item control page