PENGARUH KOMPENSASI DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN BAGIAN OPERASIONAL PT. JAKARTA INTERNATIONAL CONTAINER TERMINAL

PENI NUR SIWI, TRI (2007) PENGARUH KOMPENSASI DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN BAGIAN OPERASIONAL PT. JAKARTA INTERNATIONAL CONTAINER TERMINAL. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
77Kb

Abstract

Sumberdaya manusia merupakan salah satu faktor yang memiliki peranan penting dalam upaya peningkatan produktivitas kerja dalam suatu organisasi. Mengingat pentingnya peranan sumberdaya manusia, maka perusahaan harus memperhatikan sumberdaya di dalam perusahaan secara maksimal. Produktivitas dapat tercapai apabila karyawan memiliki motivasi dalam bekerja. Karyawan yang memiliki motivasi yang tinggi dalam bekerja, mereka akan merasa senang dengan pekerjaannya. Sebagai hasil dari perasaaan senang terhadap pekerjaannya, para karyawan akan para karyawan akan bekerja lebih keras dan lebih efektif, mau lebih lama bekerja, lebih antusias dan lebih bersemangat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kompenssasi dan motivasi kerja terhadap produktivitas kerja karyawan PT. Jakarta International Container Terminal. Tipe penelitian yang digunakan adalah eksplanatory dengan pengumpulan data primer melalui kuesioner terhadap 90 orang responden yang pengambilannya menggunakan teknik “proportionate stratified random sampling”. Untuk menganalisa data yang diperoleh digunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif, sedangkan untuk pegujian hipotesis digunakan uji regresi linier sederhana dan uji regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisa data dapat disimpulkan secara parsial maupun secara simultan kompensasi dan motivasi kerja berpengaruh positif terhadap produktivitas kerja karyawan pada PT. Jakarta International Container Terminal. Secara parsial besarnya pengaruh kompensasi terhadap produktivitas kerja adalahsebesar 33 % sedangkan motivasi kerja sebesar 31.6 %. Secara simultan besarnya pengaruh kompensasi dan motivasi kerja terhadap produktivitas kerja adalah sebesar 36.5 %, hal ini berarti semakin tinggi kompensasi dan motivai kerja karyawan maka akan mengakibatkan semakin tinggi pula produktivitas kerja karyawan. Perusahaan hendaknya melakukan perbaikan pada sistem pemberian kompensasi, usaha ini dapat dilakukan dengan memberikan kompensasi kepada karyawan tepat pada waktunya, khususnya dalam pemberian uang lembur. Selain itu perusahaan juga perlu meningkatkan motivasi kerja karyawannya dengan penghargaan untuk setiap pengabdian yang dilakukan oleh karyawan dan memberikan pelatihan untuk mengembangkan kemampuan yang dimiliki karyawan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
ID Code:14019
Deposited By:mr administrasi bisnis
Deposited On:10 Jun 2010 14:33
Last Modified:10 Jun 2010 14:33

Repository Staff Only: item control page