Pengaruh Minat Konsumen Dan Harga Produk Terhadap Pengambilan Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Mobil Bekas Di Kota Semarang. (Studi Kasus Pada Usaha Jual-Beli Mobil Bekas Saudara Motor)

Prabowo, Setyo (2007) Pengaruh Minat Konsumen Dan Harga Produk Terhadap Pengambilan Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Mobil Bekas Di Kota Semarang. (Studi Kasus Pada Usaha Jual-Beli Mobil Bekas Saudara Motor). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
172Kb

Abstract

Dengan seiring semakin ketatnya persaingan antara penjualan produk yang sejenis khususnya kendaraan roda empat, Saudara Motor perlu meningkatkan minat pembelian konsumen akan produk yang ditawarkan dengan harga produk yang terjangkau sebagai bahan pertimbangan. Saudara Motor sebagai perusahaan yang bergerak dalam usaha jual beli mobil bekas diharapkan mampu memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen dengan memperhatikan kemampuan konsumen untuk membeli mobil agar bisa terus eksis dalam usaha dan memenangkan persaingan dalam bisnis ini. Kebutuhan dan keinginan akan menjadi permintaan jika didukung oleh minat dan daya beli konsumen. Permasalahan pokok yang perlu dirumuskan dalam penelitian ini adalah tidak terealisasikannya target penjualan selama 3 tahun, yaitu tahun 2002 sampai dengan 2004. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh parsial (sendiri-sendiri) dan simultan (bersama-sama) antara minat konsumen dan harga produk terhadap pengambilan keputusan konsumen dalam pembelian mobil bekas di Saudara Motor Semarang. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian penjelasan atau menerangkan (explanatary research desain) dengan metode pengumpulan data melalui kuesioner yang digunakan untuk menjaring data dari responden dan guidance question yang digunakan untuk menjaring data dari perusahaan. Adapun data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah data primer berupa kuesioner yang di isi oleh 75 responden. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisa secara kualitatif dan kuantitatif dengan bantuan program komputer SPSS versi 13.0. Pada analisa tabel tunggal (kategorisasi variabel) dapat diperoleh mengenai kategorisasi persepsi responden terhadap minat dalam pembelian mobil bekas di Saudara Motor mengalami pergerakan dari cukup tinggi (10,67%), tinggi (49,33%) dan sangat tinggi (40%) dengan persentase kumulatif sebesar 89,33%. Kemudian pada kategorisasi persepsi responden terhadap harga produk dapat diketahui bahwa persepsi responden tentang harga mobil yang ditawarkan di Saudara Motor mengalami pergerakan dari cukup mahal (45,33 %), mahal (25,33%) dan sangat mahal (4 %) dengan persentase kumulatif sebesar 74,67%. Dan pada kategorisasi persepsi responden terhadap keputusan pembelian mobil di Saudara Motor mengalami pergerakan dari cukup tinggi 38,67%, tinggi 36% dan sangat tinggi 8% dengan persentase kumulatif sebesar 82,67 %. Hasil dari analisa tabel silang, dapat diketahui bahwa adanya kecenderungan hubungan antara minat beli responden yang tinggi dengan keputusan konsumen yang cukup tinggi dan adanya kecenderungan hubungan antara harga mobil yang cukup mahal dengan keputusan konsumen yang cukup tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan metode analisa regresi linier sederhana dan analisa regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel penelitian ini, yaitu minat konsumen dan harga produk baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan hasil Z hitung untuk variabel minat konsumen adalah (5,458) > Z tabel (1,96) dan Z hitung variabel harga produk adalah (5,927) > Z tabel (1,96). Sedangkan untuk uji F diperoleh F hitung yang merupakan hasil dari perhitungan regresi berganda adalah sebesar (13,122) > F tabel (3,11) yang merupakan harga F pada jumlah sampel (n) 80, two tail. Semua variabel tersebut diuji pada taraf signifikansi sebesar 5 % (0,05). Dengan demikian semua hipotesa yang diajukan dapat diterima, yaitu bahwa minat konsumen dan harga produk baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Adapun saran pada penelitian ini adalah saudara Motor perlu memperhatikan tentang penyebaran informasi penjualan (iklan) pada mobil yang akan ditawarkan pada konsumennya. Ada baiknya jika informasi penjualan (iklan) diberikan dengan jelas. Informasi penjualan mobil dapat dilakukan Saudara Motor dengan menggunakan media internet. Sekarang ini banyak usaha jual-beli mobil yang menggunakan internet sebagai media pemasarannya. Karena selain mudah diakses, konsumen dapat melihat foto atau gambar mobil yang akan di jual. Kemudian, Saudara Motor perlu mengadakan pelatihan dan pengembangan untuk tenaga penjualannya. Karena selain memberikan pendidikan dan keterampilan pada karyawannya, pelatihan dan pengambangan ini merupakan salah satu investasi masa depan yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan. Kata kunci : minat konsumen, harga produk, keputusan pembelian

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
ID Code:14009
Deposited By:Jurusan Ilmu Komunikasi Fisip Undip
Deposited On:10 Jun 2010 13:53
Last Modified:10 Jun 2010 13:53

Repository Staff Only: item control page