PENYELENGARAAN EVENT MODIF STATION 2009

Amaliyah K., Andriyani (2009) PENYELENGARAAN EVENT MODIF STATION 2009. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
90Kb

Abstract

Pemanfaatan event sebagai salah satu alat dalam komunikasi pemasaran saat ini mulai digunakan oleh kebanyakan perusahaan. Pemanfaatan event yang digunakan sebagai alat promosi perusahaan ini seringkali dinilai lebih efektif dibanding harus membelanjakan uang untuk beriklan di media massa. Keunggulannya dibanding dengan alat komunikasi pemasaran yang lain yaitu keterlibatan target audience secara langsung menjadi alat yang ampuh bagi perusahaan untuk mengenalkan brandnya lebih dekat kepada target audience. Selain itu melalui event juga bisa mendorong penyebaran aktivitas word of mouth tentang brand itu sendiri karena didalamnya melibatkan emosi target audience. Penyelenggaraan event oleh perusahaan ini biasanya dalam bentuk penyelenggaraan event oleh perusahaan itu sendiri maupun dalam bentuk sponsorship. Menelaah penyelengaraan event sebagai alat promosi, tim berencana menyelengarakan event yang mempunyai tujuan komunikasi untuk meningkatkan awareness masyarakat terhadap jurusan Ilmu Komunikasi, Fisip, Undip. Dalam event ini melibatkan sponsor, dimana timbal balik yang akan diperoleh bagi sponsor adalah meningkatkan brand awareness, meningkatkan pengertahuan masyarakat (knowledge) terhadap produk sponsor serta merangsang penjualan (sales). Event dengan nama Modif Station 2009 berusaha mewujudkan tujuan penyelengaraan event yang dilaksanakan dengan menggandeng komunitas tertentu. Modif Station 2009 merupakan event yang menggabungkan 3 macam lomba yaitu lomba modifikasi motor, lomba fotografi dan lomba dance dimana ada promosi yang tinggi terhadap jurusan ilmu komunikasi, Fisip, Undip. Pada saat pelaksanaan event Modif Station 2009 dipandu oleh MC yang interaktif yaitu MC selalu mengajak partisipasi pengunjung dan secara continue mengunjungi peserta lomba modifikasi yang berada di stand motor dan mewawancarai sponsor yang mengisi stand. Pesan tentang promosi Jurusan Ilmu Komunikasi intensif dikomunikasikan oleh MC. Salah satu yang dilakukan oleh MC adalah membuat tagline ‘Komunikasi YESS’. Tagline ini wajib diucapkan oleh pengujung dan peserta sebagai password untuk mengikuti games interaktif yang dipandu oleh MC. MC juga menyampaikan keuntungan-keuntungan bila kuliah di jurusan Ilmu Komunikasi, FISIP, Undip, melalui adlips dan testimonial mahasiswa komunikasi FISIP, Undip. Salah seorang mahasiswa Komunikasi, FISIP, Undip diwawancarai oleh MC tentang pengalaman dan suka dukanya berkuliah di Komunikasi, FISIP, Undip. Selain itu MC juga membuat pertanyaan yang berisi seputar Jurusan Komunikasi, FISIP, Undip. Indikator keberhasilan event secara keseluruhan diukur dari 4 indikator yaitu tingkat kepuasan; jumlah partisipan; peroide waktu serta budgetting. Tingkat kepuasan di ukur dari tingkat kepuasan peserta lomba; pengunjung; sponsor serta penyewa stand. Sedangkan jumlah partisipan diukur dari jumlah peserta lomba dan jumlah pengunjung modif station 2009. Tak jauh berbeda dengan indikator keberhasilan event secara keseluruhan, indikator keberhasilan aktivitas komunikasi pemasaran diukur dari 4 indikator yaitu advertising, public relation, graphic design, dan personal selling.Keempat indikator ini diukur berdasarkan dampak dari masing-masing aktivitas tersebut yaitu jumlah pengunjung dan peserta. Sedangkan public relation tidak hanya diukur dari jumlah pengunjung dan peserta saja, tapi juga berdasarkan pemberitaan yang muncul yaitu melalui monitoring media dan persepsi pengunjung dan peserta atas event yaitu melalui kertas feedback. Pelaksanaan event secara keseluruhan bisa dikatakan sukses, untuk lomba modifikasi motor diikuti oleh 66 peserta dengan 76 kelas lomba. Untuk lomba fotografi diikuti oleh 28 peserta sedangkan untuk dance competition diikuti oleh 8 kelompok dengan melibatkan 500 pengunjung. Sponsor yang terlibat dalam event ini antara lain ASTRA Honda Motor, AXIS, Coca Cola, Omah Ngeprint, Kedai Digital, Green Java Digital Printing, Hotel Grasia dan media partner (Ototrend, TRAX FM,TVKU) dan para penyewa stand Semarang

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
ID Code:14002
Deposited By:Jurusan Ilmu Komunikasi Fisip Undip
Deposited On:10 Jun 2010 13:38
Last Modified:10 Jun 2010 13:38

Repository Staff Only: item control page