Pengaruh Persepsi tentang Rubrikasi Muda dan Interaksi dengan Peer Group terhadap Loyalitas Membaca pada Remaja

Rosmauli, Novianti (2010) Pengaruh Persepsi tentang Rubrikasi Muda dan Interaksi dengan Peer Group terhadap Loyalitas Membaca pada Remaja. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
71Kb

Abstract

Latar belakang penelitian ini didasari oleh keberadaan surat kabar di tengah perkembangan media yang semakin modern. Surat kabar dihadapkan pada tantangan survival di tengah peralihan generasi. Pemuatan bauran keredaksian yang diformat secara spesifik atau rubrikasi dilakukan surat kabar untuk mendekatkan medianya pada khalayak pembaca. Pada kelompok usia muda kegiatan membaca surat kabar kurang diminati. Melalui rubrikasi Muda, KOMPAS berupaya memberikan kebutuhan informasi yang relevan bagi pembaca muda, diharapkan dari membaca dapat terbentuk loyalitas. Loyalitas membaca menjadi kajian yang menarik pada penelitian ini yaitu mengenai efek media dilihat dari pendekatan khalayak aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi tentang rubrikasi Muda dan interaksi dengan peer group terhadap loyalitas membaca pada remaja. Teori yang digunakan untuk mendukung penelitian adalah uses and gratification theory. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan positivistik. Tipe penelitian yang dipakai adalah eksplanatori. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan multistage random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah siswasiswi SMA Negeri 3 Semarang yang berjumlah 1.499 orang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 90 responden yang pernah membaca rubrik Kompas Muda. Analisis data penelitian menggunakan uji korelasi multivariate regression. Berdasarkan perhitungan statistik menggunakan rumus regresi berganda diperoleh koefisien korelasi untuk variabel persepsi sebesar 0,761 dan interaksi dengan peer group sebesar 0,494. Koefisien regresi berganda menunjukkan R sebesar 0,772 kemudian ditransformasikan ke dalam uji F atau F-test. Berdasarkan perhitungan dihasilkan nilai F sebesar 64,225 dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,01 maka dapat disimpulkan persepsi tentang rubrikasi muda dan interaksi dengan peer group berpengaruh signifikan terhadap loyalitas membaca pada remaja dan mempunyai keeratan hubungan yang kuat. Kontribusi besarnya pengaruh kedua variabel bebas yaitu, persepsi tentang rubrikasi muda (X1) dan interaksi dengan peer group (X2) secara simultan terhadap loyalitas membaca pada remaja (Y) sebesar Adjusted R2 yaitu 0,587 atau 58,7 persen. Hal ini memberikan arahan bahwa perubahan yang terjadi pada variabel loyalitas membaca pada remaja, sebesar 58,7 persen disebabkan oleh pengaruh dari variabel persepsi tentang rubrikasi muda dan interaksi dengan peer group. Sedangkan sisanya 41,3 persen ditentukan oleh variabel bebas lainnya. Saran yang diberikan adalah perlunya meningkatkan faktor internal dan meningkatkan aspek-aspek rubrikasi yang disesuaikan dengan kebutuhan pembacanya sehingga loyalitas membaca pada remaja semakin tinggi.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
ID Code:13971
Deposited By:Jurusan Ilmu Komunikasi Fisip Undip
Deposited On:10 Jun 2010 10:23
Last Modified:10 Jun 2010 10:23

Repository Staff Only: item control page