Analisis Pemanfaatan Blog Sebagai Media Komunikasi Interpersonal Antar Anggota Komunitas (Studi Fenomenologi Terhadap Komunitas Blog Loenpia.Net Semarang )

Ristanto, Joko (2010) Analisis Pemanfaatan Blog Sebagai Media Komunikasi Interpersonal Antar Anggota Komunitas (Studi Fenomenologi Terhadap Komunitas Blog Loenpia.Net Semarang ). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
84Kb

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang berkembang sekarang ini berfungsi mempermudah, mempercepat, atau memberikan alternatif lain bagi pilihan berkomunikasi. Komunikasi terutama komunikasi interpersonal adalah salah satu kebutuhan yang tidak dapat dihindarkan. Seiring berkembangnya jaman, komunikasi tidak hanya dapat dilakukan secara face-to-face, tetapi juga dapat melalui media komunikasi. Salah satunya adalah media blog yang merupakan bagian dari perkembangan media baru yang berbasis teknologi internet. Fenomena diatas melatarbelakangi penelitian tentang pemanfaatan blog sebagai media komunikasi antar anggota komunitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pemanfaatan blog sebagai media pengembangan komunikasi antar pribadi berkaitan dengan fenomena pemanfaatan blog sebagai media komunikasi antar anggota komunitas Loenpia.net Semarang. Penelitian ini menggunakan teori Mediated Interpersonal Communication (Adler & Rodman, 2003), Coordinated Management of Meaning (Stefanone, 2007) dan beberapa konsep pada komunikasi antar pribadi yaitu keterbukaan diri untuk menjawab tujuan penelitian. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe penelitian fenomenologi dan pendekatan yang dipakai adalah deskriptif. Subjek penelitian adalah anggota komunitas blogger Loenpia.Net Semarang, dan juga dari pihak luar komunitas yaitu pakar komunikasi dan pakar sosiologi. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa perkembangan teknologi komunikasi mampu menciptakan kemudahan dalam berkomunikasi, khususnya komunikasi antar iii pribadi dimana komunitas blog menjadi sebuah wadah bagi para blogger untuk berekspresi dan berinteraksi dengan sesama blogger maupun dengan pembacanya. Komunikasi yang terjadi didalam komunitas blog tidak hanya sebatas online melalui media komputer yang terhubung internet saja, selain itu komunikasi pun bisa dilakukan dengan face to face melalui kegiatan offline dengan bertatap muka yang dimanfaatkan oleh anggota untuk lebih mengenal lebih secara personal anggota komunitas yang lainnya. Penggunaan bahasa verbal dan non verbal pun bisa maksimal karena berkembangnya isyarat non verbal yang melengkapi bahasa verbal dapat mendukung pengungkapan diri masing-masing anggota komunitas. Meningkatnya intensitas komunikasi antar pribadi menyebabkan pengungkapan diri atau keterbukaan diri yang besar dari masing-masing informan. semakin besar jaringan sosial yang telah dibentuk di dalam blog tersebut maka semakin besar pula keinginan para blogger untuk mempertahankan hubungan yang telah ada untuk menjadi menjadi lebih intim dan kuat.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
ID Code:13961
Deposited By:Jurusan Ilmu Komunikasi Fisip Undip
Deposited On:10 Jun 2010 09:52
Last Modified:10 Jun 2010 09:52

Repository Staff Only: item control page