SEMAKIN CERDAS BERSAMA YAMAHA

ANGGRAENI, GALUH GITA (2009) SEMAKIN CERDAS BERSAMA YAMAHA. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
94Kb

Abstract

Acara Semakin Cerdas Bersama Yamaha merupakan salah satu bentuk kepedulian Yamaha di bidang pendidikan. Semakin Cerdas Bersama Yamaha mempunyai dua tujuan, yakni tujuan komunikasi dan marketing. Dimana dalam tujuan komunikasi adalah untuk menciptakan keterikatan emosi antara Yamaha dengan pelajar dan mengangkat image dari Dealer Yamaha di daerah. Sedangkan untuk tujuan marketing adalah untuk mendapatkan database dan juga identifikasi kekuatan pembelian dari target peserta. Acara ini mengajak konsumen Yamaha khususnya dari pelajar SMA mengikuti rangkaian acara yang mempunyai isi acara mengenai pendidikan. Rangkaian acara ini meliputi tes potensial bakat, class perform, mading dan juga foto kontes. Diadakan secara roadshow di 7 kota dengan 12 dealer sebagai tempat pelaksanaan dengan jangka waktu 12 hari di bulan Mei dan Juni. Acara Semakin Cerdas Bersama Yamaha dilaksanaka di 12 Dealer besar yakni Dealer Yamaha mataram Sakti dan Dealer Harpindo Jaya. Diikuti oleh 36 sekolah dengan jumlah peserta kurang lebih 100 orang pada setiap titiknya. Para peserta melakukan rangkaian kegiatan seperti tes potensial bakat, class perform, mading dan foto kontes. Dimana kegiatan tersebut mempunyai muatan pendidikan yang sangat berguna untuk meningkatkan motivasi belajar dan juga ajang kreativitas bagi peserta acara Semakin Cerdas Bersama Yamaha. Divisi Promosi adalah ujung tombak dari sebuah event dalam menyebarakan informasi tentang berbagai aktivitas acara yang akan digelar. Dengan menggunakan alat promosi above dan below the line, promosi acara Semakin Cerdas Bersama Yamaha dipasarkan. Advertorial sebagai media above the line, sedangkan poster, standing banner dan spanduk untuk media below the line. Desain kreatif dan juga penempatan media promosi sangat mempengaruhi kesuksesan acara dimana disesuaikan dengan karakteristik target audience. Dalam memasarkan sebuah event harus mengoptimalkan seefisien mungkin setiap kesempatan untuk mendapatkan kepercayaan dan respon yang positif dari masyarakat. Event yang dilaksanakan dapat menimbulkan image atau citra tersendiri, image tersebut akan melekat sehingga penyandang dana maupun produk yang mensponsori acara tersebut juga akan mendapatkan image seperti event tersebut. Disini fungsi Public Relations dalam event sangat berperan. Dimana menurut Ruslan (2001:110) Public Relations merupakan komunikasi dua arah antara public secara timbal balik dalam rangka mendukung fungsi dan tujuan manajemen dengan meningkatkan pembinaan kerjasama serta pemenuhan kepentingan bersama. Kinerja divisi PR dan promosi pada kegiatan Semakin Cerdas Bersama Yamaha sudah berjalan dengan baik karena telah sesuai dengan pencapaian pada jobdesk yang telah ditentukan. Dan juga karena keefektifan media promosi yang digunakan kepada khalayak sasaran acara Semakin Cerdas Bersama Yamaha.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
ID Code:13950
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:10 Jun 2010 09:30
Last Modified:10 Jun 2010 09:43

Repository Staff Only: item control page