KONTROVERSI PENANGANAN PEMANASAN GLOBAL NEGARA MAJU DAN BERKEMBANG DALAM PERSPEKTIF HARIAN KOMPAS (Analisis Framing Terhadap Pemberitaan Harian Kompas Periode November- Desember 2009)

MAGDALENA, VIVI CHRISTINE (2010) KONTROVERSI PENANGANAN PEMANASAN GLOBAL NEGARA MAJU DAN BERKEMBANG DALAM PERSPEKTIF HARIAN KOMPAS (Analisis Framing Terhadap Pemberitaan Harian Kompas Periode November- Desember 2009). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
73Kb

Abstract

Kontroversi penanganan pemanasan global merupakan persoalan yang telah menyita energi dan waktu dari seluruh negara. Masih terjadinya bentangan ekonomi antara negara maju dan berkembang mengakibatkan kesepakatan yang belum dapat terpenuhi. Komitmen secara terikat dan pendanaan jangka panjang menjadi tuntutan negara-negara berkembang menjelang Protokol Kyoto yang akan habis masa berlakunya pada tahun 2013. Sementara itu, di lain pihak kekhawatiran terhadap pertumbuhan ekonomi dan belum adanya sistem pengurangan emisi secara akurat di negara berkembang menjadi alasan negara-negara maju enggan menyetujuinya. Keberadaan media terhadap pemberitaan permasalahan ini menarik untuk diamati mengingat media pun memiliki sudut pandang dan berbagai kepentingan di dalamnya. Penelitian ini mengamati frame Kompas dalam memberitakan kontroversi penanganan pemanasan global antara negara maju dan berkembang. Kerangka framing yang digunakan sebagai metode penelitian adalah Zhongdang dan Gerald M. Kosicki dengan teknik: sintaksis, skrip, tematik, dan retoris. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemberitaan Kompas lebih fokus kepada negara-negara berkembang yang masih berujung pada kekecewaan terhadap negara-negara maju karena kepentingan sepihak masih terdapat di dalamnya. Walaupun berbagai langkah telah dilakukan untuk memotivasi negara-negara maju dalam mengambil keputusan. Kompas memandang kepentingan sepihak dari negara-negara maju yang merendahkan keberadaan negara berkembang demi kepentingan mereka sendiri. Hal itu tampak melalui framing yang diterapkan menekankan pada aspek ekonomi yang seharusnya mengutamakan sisi kemanusiaan sebagai acuan dalam melihat kondisi ini tanpa membedakan bentangan ekonomi di dalamnya.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
ID Code:13946
Deposited By:Jurusan Ilmu Komunikasi Fisip Undip
Deposited On:10 Jun 2010 08:54
Last Modified:10 Jun 2010 08:54

Repository Staff Only: item control page