HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN GIZI DENGAN PEMILIHAN JENIS MAKANAN JAJANAN PADA SISWA SD PENYELENGGARA PMT-AS (STUDI KASUS DI SD MEDAYU KECAMATAN SURUH KABUPATEN SEMARANG)

NURSYAMSIYAH, FIFI (2000) HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN GIZI DENGAN PEMILIHAN JENIS MAKANAN JAJANAN PADA SISWA SD PENYELENGGARA PMT-AS (STUDI KASUS DI SD MEDAYU KECAMATAN SURUH KABUPATEN SEMARANG). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
13Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan jenis dan kandungan kalori dan protein dari makanan jajanan yang dijual di warung sekolah, menjelaskan hasil analisa hubungan antara pengetahuan gizi dengan pemilihan jenis, hubungan pengetahuan gizi dengan asupan kalori dan hubungan pengetahuan gizi dengan asupan protein makanan jajanan. Jenis penelitian adalah penelitian penejlasan da menggunakan metode surbei dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas IV, Variabel dan VI dengan alasan anak tersebut bisa membaca dan menulis dengan baik dan dapat mengingat makanan jajanan yang dibeli 4 hari yang lalu. Berdasarkan alas an tersebut jumalh sample yang terpilih sebanyak 56 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua makanan jajanan yang dijual di warung adalah makanan local bukan pabrik, sebagian besar (47,83%) jenisnya berupa gorengan. Rata-rata kandungan kalorinya yaitu 88,41 kalori sedangkan rata-rata kandungan proteinnya 1,42 gram. Skor rata-rata pengetahuan gizi adalah 16, skor rata-rata pemilihan jenis makanan jajanan yaitu 2,91. rata-rata asupan kalori selama 4 hari yaitu 196,22 kalori dan rata-rata asupan protein yaitu 2,29 gram. Ada hubungan yang bermakna antara pengetahun gizi dengan pemilihan makanan jajanan (p=0,023), ada hubungan yang bermakna antara pengetahuan gizi dengan asupan kalori (p=0,037) dan pengetahuan gizi dengan asupan protein (p=0,002). Saran diadakan pelatiahn warung sekolah untuk menyesuaikan ukuran dengan “food models” dan mengefektifkan waktu penyuluhan dengan menyisipkan materi penyuluhan ke mata pelajaran yang lain. Kata Kunci: PENGETAHUAN GIZI, MAKANAN JAJANAN

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:13913
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:09 Jun 2010 14:59
Last Modified:09 Jun 2010 14:59

Repository Staff Only: item control page