HUBUNGAN ANTARA KARAKTERISTIK KELUARGA, ASUPAN MAKANAN DAN STATUS GIZI DENGAN PRESTASI BELAJAR ANAK SD (STUDI KASUS DI SDN KOPENG I KECAMATAN GETASAN KABUPATEN SEMARANG)

MOCHTARTININGSIH, ENY (2000) HUBUNGAN ANTARA KARAKTERISTIK KELUARGA, ASUPAN MAKANAN DAN STATUS GIZI DENGAN PRESTASI BELAJAR ANAK SD (STUDI KASUS DI SDN KOPENG I KECAMATAN GETASAN KABUPATEN SEMARANG). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
13Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Tingkat konsumsi gizi dipengaruhi oleh daya beli, latar belakang sosial budaya, tingkat pendidikan dan pengetahuan gizi serta jumlah anggota keluarga. Anak sekolah yang menderita gizi kurang akan mengalami gangguan dalam kemampuan konsentrasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara karakteristik keluarga, asupan makanan dan status gizi dengan prestasi belajar. Penelitian ini termasuk penelitian survey eksplanatory dengan pendekatan cross sectional. Populasi adalah semua siswa kelas 4 dan 5 SD N Kopeng I dan sampel adalah total populasi. Jumlah sampel diperoleh ada 43 anak SD. Analisa data yang dilakukan adalah deskriptif analitik yang disajikan secara univariat dan bivariat. Analisa data menggunakan komputer dengan SPSS versi 9.0. uji statistik yang digunakan adalah korelasi Product Moment. Hasil analisa bivariat menunjukkan ada hubungan sangat bermakna antara tingkat pendidikan ibu (p=0,002) , konsumsi energi total (p=0,001), konsumsi protein total (p=0,0000) dengan prestasi belajar , ada hubungan bermakna antara pengetahuan ibu tentang kesehatan dan gizi (p=0,037), status gizi (p=0,027) dengan prestasi belajar dan tidak ada hubungan antara jumlah anggota keluarga (p=0,264), daya beli keluarga (p=0,354) dengan prestasi belajar. Dari hasil penelitian disimpulkan ada hubungan antara tingkat pendidikan ibu, pengetahuan tentang kesehatan dan gizi , konsumsi energi dan protein total, status gizi dengan prestasi belajar, tidak ada hubungan antara jumlah angota keluarga dan daya beli keluarga dengan prestasi belajar. Disarankan untuk diadakan penelitian lebih lanjut tentang hubungan antara jumlah anggota keluarga dan daya beli keluarga dengan prestasi belajar dengan menggunakan analis bivariat pada korelasi Product Moment. Kata Kunci: PENDIDIKAN, PENGETAHUAN, KELUARGA, DAYA BELI, ENERGI TOTAL, PROTEIN, STATUS GIZI, PRESTASI BELAJAR

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:13900
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:09 Jun 2010 14:23
Last Modified:09 Jun 2010 14:23

Repository Staff Only: item control page