Pengaruh Konsentrasi Etanol, Suhu dan Jumlah Stage Pada Ekstraksi Oleoresin Jahe (Zingiber Officinale Rosc) Secara Batch

Eka Ramadhan, Ahmad and Eka Ramadhan , Ahmad (2010) Pengaruh Konsentrasi Etanol, Suhu dan Jumlah Stage Pada Ekstraksi Oleoresin Jahe (Zingiber Officinale Rosc) Secara Batch. In: "Seminar Tugas SKhir S1 Tekik KImia 222010'.

[img]
Preview
PDF
473Kb

Abstract

Jahe mengandung oleoresin yang sangat bermanfaat dalam industri farmasi dan makanan. Mengingat kualitas oleoresin yang ada di pasaran masih rendah, maka perlu dipelajari metode ekstraksi yang efisien untuk menghasilkan oleoresin berkualitas tinggi. Dengan dilakukannya studi ini diharapkan dapat diketahui teknologi yang tepat, variabel yang berpengaruh dan kondisi terbaik dalam ekstraksi oleoresin dari rimpang jahe kering secara batch. Penelitian dilakukan dengan metode ekstraksi menggunakan pelarut campuran etanol-air secara batch. Selain itu, suatu model matematik juga diusulkan untuk mewakili fenomena ekstraksi oleoresin jahe dari butir rimpang jahe kering dengan pelarut campuran etanol dengan air. Variabel tetap yang digunakan dalam penelitian ini adalah ukuran partikel jahe 0,5mm, kecepatan pengadukan 450 rpm, waktu ekstraksi 6 jam dan perbandingan berat pelarut dengan bubuk jahe sebesar 7,5 : 1. Sedangkan variabel berubahnya adalah suhu ekstraksi (30oC, 35oC dan 40oC), konsentrasi etanol (80, 85, 90, 95 dan 99,8 % (b/b)) dan jumlah stage. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rendemen ekstraksi tertinggi dapat diperoleh dengan menggunakan etanol 99,8 % sebagai pelarut pada suhu 40oC selama 6 jam, yakni sebesar 12,65%. Selain itu, ekstraksi oleoresin jahe akan lebih efektif jika hanya menggunakan 1 stage ekstraksi. Dari analisis statistic menggunakan ANOVA diperoleh bahwa variabel bebas yang paling berpengaruh adalah waktu ekstraksi, diikuti konsentrasi etanol dan suhu ekstraksi. Dengan menggunakan pemodelan matematik diperoleh nilai koefisien difusivitas efektif (Db) tertinggi sebesar 9,538 × 10-7 m2/s dan nilai tetapan laju perpindahan massa volumetrik (kc) tertinggi sebesar 6,207 × 10-9 /s.

Item Type:Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords:Ahmad Eka Ramadhan
Subjects:T Technology > TP Chemical technology
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Chemical Engineering
Faculty of Engineering > Department of Chemical Engineering
ID Code:13896
Deposited By:teknik kimia
Deposited On:09 Jun 2010 14:16
Last Modified:09 Jun 2010 14:16

Repository Staff Only: item control page