HUBUNGAN STATUS GIZI DAN KADAR HEMOGLOBIN DENGAN KESEGARAN JASMANI SISWI SD (STUDI KASUS DI EMPAT SD KECAMATAN KARANGANYAR)

KUSUMAWATI, SARY (2000) HUBUNGAN STATUS GIZI DAN KADAR HEMOGLOBIN DENGAN KESEGARAN JASMANI SISWI SD (STUDI KASUS DI EMPAT SD KECAMATAN KARANGANYAR). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
12Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Adanya berbagai penelitian mengenai hubungan status gizi dan kadar Hb terhadap kesegaran jasmani menimbulkan berbagai kesenjangan. Oleh karena itu penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui hubungan status gizi dan kadar Hb terhadap kesegaran jasmani. Penelitian ini bersifat analitik dan menggunakan rancangan belah lintang. Sebagian data penelitian diambil dari data sekunder penelitian Mitra th 1999/2000. sampel dari penelitian ini 76 siswi SD di Kecamatan Karanganyar dengan batasan umur 10-12 th. Pengukuran kesegaran jasmani menggunakan Harvard Step Test. Penentuan kadar Hb dengan Hemocue hemoglobinometer, sedangkan penentuan status gizi menggunakan indeks BB/U, TB/U dan BB/TB. Uji digunakan dalam penelitian ini adalah uji rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan siswi yang mempunyai tingkat kesegaran jasmani rendah adalah 40,8%, status gizi kurang (BB/U) 40,8%, menurut indeks TB/U 59,2% dan menurut BB/TB 3,9%. sebagian besar sampel mempunyai kadar Hb>=12 gr (85,53%). kesimpulan yang diperoleh, tidak ada hubungan antara status gizi dan kadar Hb terhadap kesegaran jasmani sertamasih 40,8% siswi SD dengan tingkat kesegaran jasmani kurang. Oleh karena itu perlu dilakukan berbagai upaya untuk mengatasinya seperti memberi ekstra kurikuler olahraga untuk meningkatkan kesegaran jasmani dan membiasakan anak makan makanan yang bergizi. Kata Kunci: STATUS GIZI

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:13880
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:09 Jun 2010 11:42
Last Modified:09 Jun 2010 11:42

Repository Staff Only: item control page