HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG OSTEOPOROSIS, KONSUMSI KALSIUM DENGAN KADAR KALSIUM DALAM DARAH (Studi Pada Wanita Menopause Di Kelurahan Krapyak Kecamatan Semarang Barat)

HAPSARI, TRI HANIK (2000) HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG OSTEOPOROSIS, KONSUMSI KALSIUM DENGAN KADAR KALSIUM DALAM DARAH (Studi Pada Wanita Menopause Di Kelurahan Krapyak Kecamatan Semarang Barat). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
13Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Peningkatan ekonomi, perbaikan lingkungan hidup dan majunya ilmu pengetahuan, terutama di bidang kedokteran mampu meningkatkan umur harapan hidup. Hal ini menyebabkan jumlah lanjut usia bertambah dan cenderung akan meningkat lebih cepat. Osteoporosis merupakan salah satu penyakit yang sering dihadapi oleh wanita dewasa tua sampai lanjut usia, terutama setelah adanya masa menopause. Cara yang paling baik dalam menangkal osteoporosis terutama di kalangan wanita menopause yaitu menerapkan gaya hidup dan pola makan yang benar. Diet normal saja tidak dapat menjamin kecukupan kalsium, sehingga untuk menghindari penyakit osteoporosis dibutuhkan pengetahuan yang cukup. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan osteoporosis, konsumsi kalsium dan kadar kalsium pada wanita menopause. Penelitian ini bersifat deskriptik analitik dan menggunakan rancangan belah lintang. Sampel sebanyak 37 wanita menopause di Kelurahan Krapyak (perumnas)dan diambil secara purposive sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi yang telah ditetapkan. Pengukuran pengetahuan osteoporosis menggunakan metoda wawancara dibantu kuesioner yang disusun sesuai tujuan penelitian. Pengukuran konsumsi kalsium menggunakan metoda recall 3*24 jam. Sedangkan penentuan kadar kalsium darah dengan metoda fotometri. Uji yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji rank spearman. Hasil penelitian menunjukkan pengetahuan responden tentang osteoporosis terbanyak berkategori sedang (43.2%). Konsumsi kalsium kurang sebesar 83.8% dan kadar kalsium darah sebagian besar (75.7%) masuk kategori baik. Terdapat hubungan antara pengetahuan osteoporosis dan konsumsi kalsium dan tidak ada hubungan antara konsumsi dengan kadar kalsium darah. Saran yang dapat disampaikan adalah perlunya dilakukan berbagai upaya untuk mengatasi kekurangan konsumsi kalsium seperti penyuluhan intensif tentang osteoporosis bagi wanita menopause untuk meningkatkan periliaku konsumsi kalsium dalam makanan sehari-hari. Kata Kunci: Pengetahuan osteoporosis, konsumsi kalsium, kadar kalsium darah dan wanita menopause

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:13873
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:09 Jun 2010 10:36
Last Modified:09 Jun 2010 10:36

Repository Staff Only: item control page