HUBUNGAN KADAR HEMOGLOBIN DENGAN KESEGARAN JASMANI DAN PRESTASI BELAJAR SISWI (STUDI KASUS PADA SISWI KELAS 3 SMU NEGERI I MAGELANG)

INAYATI , INAYATI (2001) HUBUNGAN KADAR HEMOGLOBIN DENGAN KESEGARAN JASMANI DAN PRESTASI BELAJAR SISWI (STUDI KASUS PADA SISWI KELAS 3 SMU NEGERI I MAGELANG). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
13Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Salah satu masalha gizi utama yang ada di Indonesia adalah anemia gizi besi yang pada umumnya disebabkan oleh karena kurangnya kadar besi yang merupakan komponen pembentuk hemoglobin darah. Tujpen adalah untuk mengetahui hubungan antara kadar Hb dengan kesegaran jasmani dan prestasi belajar siswi SMU. Jenis penelitian adalah explanatory research dengan metode survei dan pendekatan cross sectional. Kadar Hb dianalisis dengan metode Sianmethemoglobin, dan prestasi belajar diukur dengan melihat nilai rata-rata nilai UUB cawu 3 saat responden kelas 2 dari mata pelajaran Bahasa Indonesia, matematika, IPA dan IPS. Hasil penelitian ini diuji secara statistik dengan uji korelsi Priduct moment pearson pada tingkat kepercayaan 95% dengan uji 2 sisi (two tail) menggunakan SPSS 10.0 Dari penelitian didapatkan rata-rata kadar Hb responden adalah 12,32 gr/dl , terdapat 26,7% responden yang menderita anemia. Rata-rata kesegaran jasmani responden sedang dengan skor 67,42 dan rata-rata prestasi belajar termasuk kategori sedang dengan skor 6,85. pengujian secara statistik didapatkan hasil tidak ada hubungan yang signifikan antara kadar Hb dan kesegaran jasmani dengan nilai r=0,109 dan nilai p=0,408, dan ada hubungan yang signifikan antara kadar Hb dengan prestasi belajar dan knilai r=0,338 dan nilai p=0,008. Menindaklanjuti adanya siswi yang menderita anwmia, perlu ditingkatkannya pendidikan gizi khususnya tentang anemia gizi besi melalui mata pelajaran maupun ekstra kurikuler di sekolah. Perlu dilakukannya penelitian sejenis dengan membeprbesar sampel danmelihat variabel penelitian lainnya. Kata Kunci: KADAR HEMOGLOBIN, KESEGARAN JASMANI, PRESTASI BELAJAR

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:13855
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:09 Jun 2010 09:30
Last Modified:09 Jun 2010 09:30

Repository Staff Only: item control page