BEBERAPA FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINGKAT KONSUMSI MAKANAN LUNAK RUMAH SAKIT PADA PASIEN GASTRITIS (STUDI KASUS DI RUANG RAWAT INAP PENYAKIT DALAM RSUD 45 KUNINGAN PROVINSI JAWA BARAT)

PRAYUDA, CAHYANI WIRA (2001) BEBERAPA FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINGKAT KONSUMSI MAKANAN LUNAK RUMAH SAKIT PADA PASIEN GASTRITIS (STUDI KASUS DI RUANG RAWAT INAP PENYAKIT DALAM RSUD 45 KUNINGAN PROVINSI JAWA BARAT). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
14Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Angka kasus pasien gastritis di RSUD 45 Kuningan sangat tinggi yaitu 46% masih rendahnya tingkat konsumsi makanan Rumah Sakit pasien gastritis serta evaluasi pelayana makanan belum dilakukan secara rutin dan belum adanay upaya tindak lanjut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui beberapa factor yang berhubugnande tingkat konsumsi makanan lunak Rumah Sakit pada pasien gastirits di ruang rawat inap penyakit dalam RSUD 45 kuningan jabar. Jenis penelitian explanatory research metode yang digunakan adalah metode survey jenis studi kaasus dengan pendekatn cross sectional. Sampel diambil dengan menggunakan pruposive selection dengan teknik quota sampling. Jumlah sample yang diambil sebanyk 61 orang pasien usia 13-60 tahun, penyakit tidak berat, keadaan sadar, bisa makan dan diberi diit makan lunak. Data yang dikumpulkan data primer dan data sekunder. Analisa data dilakukan secara deskriptif dan analitik. Analisis analitik dengan Chi Square bbila p<0,05 maka hipotesis penelitian diterima. Sedangkan keeratan hubungan antara variabel diuji dengan koefisiensi kontingensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyk 57,38% responden adalah perempuan. Umur responden sebagian besar 45,90% berumur 45 tahun keatas pendidikan yang paling banyak 68,85% SLTP kebawa. Penilaian responden tentang mutu makanan yang disajikan sudah baik. Lama perawatan kurang dari lima hari (54,10%). Hasil uji statistik menunjukkan bahwa karakteristik pasien, makanan, kelas perawatan, lama perawatan dan makanan dari luar tidak ada hubungan yang bermakna dengan tingkat konsumsi makanan. Mutu makanan lunak dari Rumah Sakit sudah baik, sebagian besar responden belum bisa beradaptasi dengan lingkungan Rumah Sakit. Sebanyak 67,21 responden makan makanan dari luar rumah sakit, sebanyak 50,82% responden mempunyai selera makan baik. Tingkat konsumsi makanan lunak Rumah Sakit pasien 50,82% sudah baik. Untuk perbaikan pelayanan gizi Rumah Sakit perlu meningkatkan mutu makanan yang lebih baik dengan car meningkatkan ketrampilan juru masak, membuat standar resep yang baku. Penerangan diit untuk pasien dan keluarga pasien dilakukan secara rutin. Kata Kunci: GASTRITIS, TINGKAT KONSUMSI, MAKANAN LUNAK

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:13807
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:08 Jun 2010 13:50
Last Modified:08 Jun 2010 13:50

Repository Staff Only: item control page