Darmiastuty, Meita (2003) EFEKTIVITAS METODE CERAMAH TANYA JAWAB DAN SIMULASI DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU TE TANG PENCEGAHAN DINI PENYALAHGUNAAN NARKOBA PADA REMAJA SLTP 1 BOROBUDUR KABUPATEN MAGELANG EFFECTIVENESS OF PRESENTATION, QUESTIONING — ANSWERING METHOD (PQA) AND SIMULATION METHOD IN INCREASING KNOWLEDGE AND ATTITUDE OF MOTHERS ON EARLY PREVENTION DRUG ABUSE OF ADOLESCENCE IN SLTP I BOROBUDUR, MAGELANG. Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.
| PDF - Published Version 2933Kb |
Abstract
Problem of drug abuse in Indonesia recently have become a national problem, since the impact may threaten the security and stability of the country. Some of drug abusers are kids who are next generation of the people. What ever the reason is, we must do any early preventive effort to prevent the lost of generation. The purpose of this research is to study and to compare effectiveness of Presentation Questioning Answering (PQA) method to Simulation method in increasing knowledge and attitude of mothers of students in the Unior High School I Borobudur, Magelang on ways of early prevention of drug abuse on adolescence. The research is a quasi experiment with non equivalent control group design which is applicable for evaluating results of health education. The samples are not taken randomly as it is a non randomized control group pretest-posttest design. Collected data are analyzed statistically through t-test program on level of significant 5%. Results of this experiment show that both methods may be applied to increase knowledge and attitude of participants. Test results on posttest and retention show that there are significant differences (p<0,05) on score of knowledge and attitude on groups of PQA and simulation, where on simulation group the posttest score and retention score are higher than PQA, therefore; it can be concluded that simulation method is more effective than PQA method. We may suggest to institutions or parties who serve the education and extention on drug abuse targeted on mothers may apply this simulation method, It is statistically more effective than PQA method in increasing knowledge and attitude of mothers. Masalah penyalahgunaan narkoba di Indonesia saat ini sudah menjadi masalah Nasional karena dampaknya dapat mengancam keamanan dan kestabilan Negara. Sebagian besar penyalahgtma narkoba adalah anak usia remaja yang merupakan generasi penerus Bangsa. Apapun alasannya kita hams segera melakukan upaya preventif sedini mungkin untuk mencegah terjadinya Lost Generatiom. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan membandingkan efektivitas antara metode Ceramah Tanya Jawab (CTJ) dan metode Simulasi dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap ibu siswa SLTP I Borobudur Kabupaten Magelang tentang cam pencegahan dini penyalahgunaan narkoba pada remaja. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian Quasi Experiment (eksperimen semu) dengan menggunakan rancangan penelitian Non Equivalent Control Group Design. Pemilihan sampel penelitian tidak dilakukan secara random oleh karenanya rancangan ini disebut Non Randomized Control Group Pretes-Postes Design. Data yang sudah terkumpul dianalisa dengan uji statistik test dengan program komputer pada taraf signifikansi a = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik metode CTJ maupun simulasi, dapat digunakan untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap responden. Hasfi uji perbedaan terhadap postes dan retensi menunjukkan bahwa nilai pengetahuan dan sikap pada kelompok sirnulasi 1ebih tinggi dibandingkan dengan CTJ. Sehingga bisa ditarik kesimpulan bahwa metode simulasi lebih efektif dibandingkan dengan metode CTJ.. Saran yang bisa diberikan oleh penulis kepada semua Instansi/pihak yang berperan &lam pernberian pendidikan/penyuluhan masalah narkoba, khususnya dengan sasaran ibu diharapkan bisa menggunakan metode simulasi karena secara statistik metode ini lebih efektif dibandingkan dengan metode CTJ dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap ibu.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Epidemiology |
ID Code: | 13733 |
Deposited By: | Mr UPT Perpus 2 |
Deposited On: | 08 Jun 2010 10:20 |
Last Modified: | 08 Jun 2010 10:20 |
Repository Staff Only: item control page