HUBUNGAN PERSEPSI MUTU PELAYANAN KESEHATAN DENGAN TINGKAT KEPATUHAN BEROBAT PASIEN KUSTA DI PUSKESMAS KABUPATEN BLORA

Ratnawati, Emy (2003) HUBUNGAN PERSEPSI MUTU PELAYANAN KESEHATAN DENGAN TINGKAT KEPATUHAN BEROBAT PASIEN KUSTA DI PUSKESMAS KABUPATEN BLORA. Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
3174Kb

Abstract

The quality of health services will influence the success of therapy primarily for a patient who needs therapy for long periods. Like a leprosy disease, a good or a bad quality of health services can influence a therapy obedience of leprosy's patient at the Health Centers at Blora district. The aim of this research was to know the perception of the health services specifically in the health worker's attitude, the comfort, the availability of information, and the technical competence with the level of therapy obedience of leprocy's patient at the Health Centers at Blora district. This was ob•ervatory research using survey method and cross sectional approach. Research Instrument used questioners for 60 respondents who were the leprosy's sufferers at the Health Centers at Blora district. Data analysis used univariate, bivariate, and multivariate method. To know the relationship between the independent variables and the dependent variables, it used siple logistic regression to filter the independent variables that had a significant value less than 0,05. Multivariate analysis used multiple logistic regression using Enter method. The result of bivariate analysis shows that four independent variables have the significant relationship and the influences on the level of therapy obedience of leprosy's patient at the Health Centers at Blora district as in the following independent variables : the health worker's attitude, the comfort, the availability of information, and the technical competence. The result of multivariate analysis using logistic regression shows that the health worker's attitude ( B=2,882), the availability of information (B=4,182) and the technical competence (B=4,032) together have the relationship and the influences on the level of therapy obedience of liprosy's patient. By any sifnificant relationship between the patient's perception with the quality of health services in the availability of information, the technical competence, and the health worker's attitude at the Health Center, it be hoped the Health Center will increase the quality of sevices by increasing the helth worker's professionalism Mutu pelayanan kesehatan akan mempengaruhi keberhasilan pengobatan terutama bagi pasien yang memerlukan pengobatan jangka panjang, seperti halnya penyakit kusta, baik buruknya mutu pelayanan kesehatan dapat mempengaruhi kepatuhan berobat pasien kusta di di Puskesmas Kabupaten Blora. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui persepsi mutu pelayanan kesehatan tentang sikap petugas, kenyamanan, ketersediaan informasi dan kompetensi teknis dengan tingkat kepatuhan berobat pasien kusta di Puskesmas Kabupaten Blora. Jenis penelitian yang digunakan adalah observatory dengan metode survei yang bersifat penjelasan dengan pendekatan cross sectional. Kuesioaner penelitian yang ditujukan kepada 60 orang responden sebagai sampel penelitian yaitu penderita kusta di Puskesmas se Kabupaten Blora. Data yang didapat baik secara primer maupun sekunder kemudian diolah dan dianalisis dengan cam kuntitatif dengati analisis univariat, bivariat dan multivariat. Untuk mengetahui hubungan dua variabel yaitu variabel bebas dan variabel terikat menggunakan regresi logistik sederahana yaitu untuk menyaring variabel independen nilai signifikansi kurang dad 0,05 dan untuk analisis multivariat dengan regrsi logistik ganda dengan metode Enter. Hasil Analisis bivariat menunjukkan, empat variabel bebas, mempunyai hubungan dan pengaruh yang bermakna yaitu hubungan persepsi pasien terhadap mutu pelayanan tentang sikap petugas , kenyamanan, ketersediaan infonnasi dan kompetensi teknis dengan tingkat kepatuhan berobat pasien kusta di Puskesmas Kabupaten Blora. Hasil analisis multivariat dengan regresi logistik berganda menunjukkan variabel persepsi tentang sikap petugas (B=2,882), ketersediaan informasi (B=4,182) dan kompetensi teknis (B=4,032) berhubungan sekaligus berpengaruh secara bersama-sama dengan tingkat kepatuhan berobat pasien kusta . Dengan adanya hubungan yang bermakna antara persepsi pasien terhadap mutu pelayanan tentang ketersediaan informasi, kompetensi teknis dan sikap petugas di Puskesmas, maka di harapkan Puskesmas lebih meningkatkan mutu pelayanan dengan lebih ditingkatkannya profesionalisme pan petugas kesehatan

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Public Health
ID Code:13727
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:08 Jun 2010 10:08
Last Modified:28 Dec 2010 10:39

Repository Staff Only: item control page