PENGARUH PEMBERIAN MAKANAN TAMBAHAN PEMULIHAN (PMT-P) MODISCO TERHADAP TINGKAT KECUUPAN DAN STATUS GIZI BALITA (STUDI PADA BALITA GIZI KURANG/BURUK DI PUSKESMAS BERGAS, KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2000)

ALIYATUN, SITI (2001) PENGARUH PEMBERIAN MAKANAN TAMBAHAN PEMULIHAN (PMT-P) MODISCO TERHADAP TINGKAT KECUUPAN DAN STATUS GIZI BALITA (STUDI PADA BALITA GIZI KURANG/BURUK DI PUSKESMAS BERGAS, KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2000). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
13Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Pemberian makanan tambahan pemulihan ( PMT-P) Modisco merupakan salah satu kegiatan antisipasi terhadap dampak ancaman buruknya status gizi dan kesehatan bagi keluarga miskin. PMT-P Modisco adalah pemberian suplemen gizi berupa minuman yang terdiri dari susu skim 10 gr, gula pasir 8 gr, dan minyak goreng 5 gr, diberikan 2 kali sehari dengan jumlah energi 150-220 kal dan protein 4-6 gr peranak perhari selama 90 jaro (3 bulan). Sasaran PMT-P Modisco adalah balita ber status gizi buruk. Tujuan penelitian adalah untuk mengatahui perbedaan tingkat kecukupan gizi (energi dan protein) serta status gizi balita (BB/U berdasar skor Z) sebelum dan sesudah PMT-P Modisco. Penelitian ini termsuk <i> Quasy Experimental research </i> dengan menggunakan desain penelitian <i>Pre and Post Test One Group</i>. sampel adalah total populasi yaitu sejumlah 53 balita dengan status gizi kurang/buruk di Puskesmas bergas, Kabupaten Semarang dan sebagai responden adalah ibu balita. Pengolahan dan analisa data dibantu dengan menggunakan komputer SPSS 10.0 sedangkan uji statistik yang digunakan adalah T-test <i>paired sample</i>. hasil penelitian ini menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara tingkat kecukupan energi balita sebelum dan sesudah PMT-P Modisco dengan rata-rata sebelum 41,94% dan sesudah sebesar 64,9% atau terjadi peningkatan 22,96%. adapr yang signifikan antara tingkat kecukupan protein sebelum dan sesudah PMT-P Modisco dengan rata-rata sebelum 98,26% dan sesudah 145,57% atau terjadi peningkatan 47.31%. ada perbedaan yang signifikan antara status gizi balita (BB/U berdasr skor Z)sebelum PMT-P Modisno dengan rata-rata sebesar -3,73 SD dan sesudah sebesar -3,25 SD atau terjadi peningkatan 0,48 SD. Disarankan dengan peningkatan BB dari bulan I ? III /selesai PMT-P Modisco maka PMT-P Modisco perlu ditambahkan dan dilanjutkan dengan dana pemda dan swadaya masyarakat. Kata Kunci: PMT-P MODISCO

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:13588
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:07 Jun 2010 11:03
Last Modified:07 Jun 2010 11:03

Repository Staff Only: item control page