HUBUNGAN ANTARA STRES KERJA DENGAN KECENDERUNGAN PERILAKU AGRESI PADA GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN BANYUMANIK KOTA SEMARANG

Afryanti Lumanto, Damiana (2006) HUBUNGAN ANTARA STRES KERJA DENGAN KECENDERUNGAN PERILAKU AGRESI PADA GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN BANYUMANIK KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
92Kb

Abstract

ABSTRAK Guru sebagai profesi yang sangat berperan penting dalam dunia pendidikan, tidak terlepas dari berbagai macam permasalahan berkaitan dengan profesi keguruannya tersebut. Beban kerja yang diterima apabila kurang sesuai dengan kemampuan kepribadian yang dimiliki, maka akan menyebabkan ketidakseimbangan. Apabila kondisi ini berlangsung dalam jangka waktu lama, maka kecenderungan perilaku agresi akan timbul sebagai manifestasi dari stres kerja yang dialami. Kecenderungan perilaku agresi adalah suatu kecenderungan untuk menyakiti, melukai, dan merugikan orang lain yang dapat terjadi baik secara fisik maupun secara verbal, dan dapat terjadi secara langsung maupun tidak langsung. Stres kerja merupakan suatu keadaan yang memberikan tekanan akibat adanya ketidakseimbangan antara beban kerja dengan kemampuan individu dalam memberikan tanggapan baik secara fisik maupun secara mental terhadap berbagai unsur pekerjaan yang dirasa tidak menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecenderungan perilaku agresi dengan stres kerja pada guru Sekolah Dasar di Kecamatan Banyumanik Kota Semarang. Subjek penelitian ini adalah 96 guru Sekolah Dasar dengan karakteristik berdomisili di wilayah Semarang, berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil, memiliki masa kerja lebih dari lima tahun, dan berusia antara 35 sampai dengan 55 tahun. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Multi Stage Random Sampling. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan dua skala, yaitu skala kecenderungan perilaku agresi sebanyak 40 aitem (α = 0,8857), dan skala stres kerja yang berjumlah 40 aitem (α = 0,8442). Hasil analisis data dengan metode analisis regresi sederhana menunjukkan hasil rxy sebesar 0,621 dengan p = 0,000 (p<0,05). Kondisi tersebut menunjukkan bahwa ada hubungan antara kecenderungan perilaku agresi dengan stres kerja pada guru Sekolah Dasar. Efektifitas regresi dalam penelitian ini adalah sebesar 38,6%, artinya kecenderungan perilaku agresi pada guru Sekolah Dasar 38,6% ditentukan oleh stres kerja. Sisanya dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak diungkap dalam penelitian ini. Kecenderungan perilaku agresi pada guru Sekolah Dasar berada pada kategori rendah, demikian juga dengan stres kerja yang berada pada kategori rendah.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:13556
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:07 Jun 2010 10:20
Last Modified:07 Jun 2010 10:20

Repository Staff Only: item control page