PERBANDINGAN PENGARUH LACTATE NATRICUS HIPERTONIK DAN NaCl 0,9% TERHADAP KESEIMBANGAN HEMODINAMIK PADA PASIEN SECTIO CAESARIA

Nurhakim, M. Adi (2008) PERBANDINGAN PENGARUH LACTATE NATRICUS HIPERTONIK DAN NaCl 0,9% TERHADAP KESEIMBANGAN HEMODINAMIK PADA PASIEN SECTIO CAESARIA. Undergraduate thesis, Medical Faculty.

[img]
Preview
PDF
162Kb

Official URL: http://www.fk.undip.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Pasien Sectio Caesaria semakin bertambah setiap tahunnya, sehingga dibutuhkan metode yang seefektif mungkin dalam penanganan pasien. Penanganan yang baik dibutuhkan sejak persiapan tindakan operasi hingga selesainya tindakan tersebut, pemilihan cairan yang tepat akan sangat membantu menjaga keseimbangan hemodinamik pasien yang dibutuhkan selama menjalani operasi. Cairan lactate natrikus hipertonik diperkirakan memiliki efek yang lebih baik dalam menjaga keseimbangan hemodinamik dibandingkan cairan NaCl 0,9% pada pasien yang mengalami operasi pembedahan Tujuan: Untuk membuktikan bahwa cairan Lactate Natricus hipertonik lebih baik dibanding NaCl 0,9% dalam mempertahankan keseimbangan hemodinamik dalam tindakan operasi. Subyek dan Metode: Penelitian ini adalah penelitian analitik observasional dengan pendekatan kohort retrospektif. Jumlah sampel penelitian berjumlah 24 pasien rawat inap di RSUP dr. Kariadi Semarang periode 1 Januari 2004 sampai dengan 31 Desember 2007. Data yang dikumpulkan merupakan data sekunder dari catatan medik pasien. Dilakukan analisis perbandingan keseimbangan hemodinamik dengan menggunakan uji Mann Whitney dan dilanjutkan dengan T-test independen. Hasil: Tidak Terdapat perbedaan yang bermakna antara tekanan darah dan frekuensi jantung /denyut nadi sebelum dengan sesudah Sectio caesaria ( sistolik p = 0,539 ; diastolik p = 0,312 ; Nadi p = 0,864 ). Tidak terdapat perbedaan bermakna antara pemberian NaCl 0,9% dengan Lactate Natrikus Hipertonik terhadap keseimbangan hemodinamik pasien Sectio Caesaria. Kesimpulan: NaCl 0,9 % dan lactate Natrikus Hipertonik memiliki pengaruh yang sama terhadap keseimbangan hemodinamik pasien Sectio caesaria.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Lactate natrikus hipertonik, NaCl 0,9 % ,tekanan darah, frekuensi denyut jantung.
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Medicine
Faculty of Medicine > Department of Medicine
ID Code:13546
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:07 Jun 2010 10:04
Last Modified:07 Jun 2010 10:04

Repository Staff Only: item control page