PENGARUH RELAKSASI OTOT PROGRESIF DAN VISUALISASI TERHADAP PENURUNAN STRES SISWA SEKOLAH DASAR

Firman, Firman (2006) PENGARUH RELAKSASI OTOT PROGRESIF DAN VISUALISASI TERHADAP PENURUNAN STRES SISWA SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
28Kb

Abstract

ABSTRAK Stres pada anak mempunyai dampak negatif yang dapat mengakibatkan anak mengalami ketidaknyamanan baik dalam kehidupan sosial maupun kehidupan akademisnya. Banyak cara untuk mengurangi stres pada anak, diantaranya dengan relaksasi otot progresif dan visualisasi (relaksasi imajeri). Kedua teknik ini terbukti efektif untuk mengurangi stres pada orang dewasa, namun kurang mendapatkan perhatian untuk diterapkan pada subjek anak-anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kedua teknik ini yaitu relaksasi otot progresif dan visualisasi jika dikombinasikan sebagai sebuah perlakuan dapat menurunkan stres pada siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan rancangan Pre-Post Test Control GroupDesign. Skala Stres Anak disusun untuk mengukur stres siswa. Kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri Ngesrep 02 Semarang dengan skor stres dalam jenjang tertinggi, berusia 10-12 tahun dan mendapatkan persetujuan dari orangtua. Relaksasi otot progresif dan visualisasi diberikan dalam tujuh sesi kepada kelompok eksperimen, sedangkan kelompok kontrol tidak diberi perlakuan. Metode analisis yang digunakan adalah T-test untuk menguji perbedaan mean antara dua sampel yang tidak saling berhubungan atau Independent T-test. Hasilnya pada kelompok eksperimen terdapat penurunan mean sebesar 8,1 dengan p=0,001 (p<0,05), yang berarti penurunan skor stres pada kelompok eksperimen disebabkan pemberian perlakuan, yaitu relaksasi otot progresif dan visualisasi. Pada kelompok kontrol terdapat perbedaan mean sebesar 0,9 dengan p=0,596 (p>0,05), yang berarti penurunan skor stres pada kelompok kontrol tidak signifikan dan lebih disebabkan karena faktor eksternal yaitu histori dan maturasi. Hasil pengujian hipotesis mununjukkan adanya perbedaan mean skor stres pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sebesar 8,3 dengan p=0,039 (p<0,05), yang berarti relaksasi otot progresif dan visualisasi mempunyai pengaruh positif terhadap penurunan stres siswa sekolah dasar pada siswa kelas VI SD Ngesrep 02 Semarang.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:13475
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:04 Jun 2010 11:41
Last Modified:04 Jun 2010 11:41

Repository Staff Only: item control page