PRINSIP-PRINSIP INDIVIDUALISASI PIDANA DALAM HUKUM PI-DANA ISLAM DAN PROSPEK KONTRIBUSINYA ' BAGI PEMBAHARUAN HUKUM PIDANA INDONESIA

WAHYUNINGSIH, SRI ENDAH (2002) PRINSIP-PRINSIP INDIVIDUALISASI PIDANA DALAM HUKUM PI-DANA ISLAM DAN PROSPEK KONTRIBUSINYA ' BAGI PEMBAHARUAN HUKUM PIDANA INDONESIA. Masters thesis, Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
5Mb

Abstract

Pembaharuan hukum pidana Indonesia merupakan suatu keharusan, karena KUHP yang selama ini berlaku berasar dari jaman penjajahan Belanda, yang secara politis, sosiologis, praktis clan adaptif sudah tidak sesuai lagi dengan nilai-nilai yang hidup dan berkembang dalam masyarakat Indonesia yang.telah merdeka% HukuM Islam sebagai.salah satu hukum yang hidup Aan berkembang • dalam masyarakat Indonesia, dapat dijadikan sebagai sumber hukum bagi usaha pembaharuan KUHP kitai karena dalum hukum Islam Lerkandung ciri-ciri hukum pidana modern yaitu sistem hukuM pidana yang humanistis, yang menuntut diterapkannya prinsip-prinsip individualisasi pidana dalam sistem hukum pidananya. 'Di dalam hukum Islam- terkadung prinsip pertanggungjawaban pribadi (asas persOnal), prinsip tiada pidana tanpa kesalahan (asas cuipabilatas) serta terkandung sistem pemidanaan yang manusiawi ialah dimungkinkannya . adanya fleksibilitas/elastisitas. pemidanaan dan mOdifikasi (perubahan/penyesuaian) 'pemidanaan. Prinsip-prinsip di atas tercermin .baik dalam tindak.pidana hudud, tindak pidana kisas dan diyat serta tindak pidana takzir; sehingga dapat dikatakan bahwa sistem pemidanaan menurut hokum Islam .selain memperhatikan aspek porlindungan masyarakat,. juga memperhatikan aspek perlindmngan indiyidn atau menganut keseimbangan mono-dualistik (dkad-dader strafrecht), yaitu hukum pidana yang memperhatikan segi-segi obyektif dari- perbuatan Xdaad) dan segi-segi subyektif dari orang/pethbuat (dader). Oleh sebab itu anggapan sebagian masyarakat selama ini bahwa hukum pidana Islam sebagai hukum yang kejam dan Lidak manusiawi secura ilmiah benar, karena. sesUngguhnya dibalik anggapan itu datum hukum pidana (pelakunya) Islam sangat berorien€asi pada. manuSia disamping juga mengutamakan porlinduagan masynrukst. Judi daval dikatakan bahwa di Wiliam hukum pidana Islam terkandung dnri Fulham pidaua mmiern ,schingga hukum Islam dapat dijadIkan sel)agai sumber hukum bagi upaya pembaharuan hukam pidana nasional di Indonesia.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:K Law > K Law (General)
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Law
ID Code:13368
Deposited By:Mr UPT Perpus 1
Deposited On:04 Jun 2010 09:11
Last Modified:04 Jun 2010 09:11

Repository Staff Only: item control page