PEMBERDAYAAN HUKUM DALAM RANGKA MENINGKATKAN PERAN ETIKA BISNIS PADA BISNIS JUAL BELT PERANGKAT KERAS KOMPUTER DI KOTAMADYA SEMARANG

Hadi, Supriyanto (1999) PEMBERDAYAAN HUKUM DALAM RANGKA MENINGKATKAN PERAN ETIKA BISNIS PADA BISNIS JUAL BELT PERANGKAT KERAS KOMPUTER DI KOTAMADYA SEMARANG. Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
4Mb

Abstract

Tesis dengan judul Pemberdayaan Hukum Dalam Rangka Meningkatkan Peran Etika Bisnis Pada Bisnis Jual Bali Perangkat Keras Komputer di Kodya Semarang ini, berusaha mengungkapkan latar belakang terjadinya perbuatan yang bertentangan dengan etika bisriis dan hukum, yaitu yang menyebabkan kerugian bagi konsumen pengguna komputer serta pelanggaran terhadap Hak Cipta atas software komputer. Analisis dilakukan terhadap bekerjanya hukum dalam memberikan perlindungan terhadap konsumen pengguna dan Hak Cipta atas software komputer. Untuk mempermudah analisis dipergunakan pendekatan sistem terhadap hukum, yang membagi hukum termasuk penegakkannya terdiri dari tiga komponen yaitu komponen substansial yang berkaitan dengan produk¬produk hukum seperti aturan perundang-undangan, kedua ialah komponen struktural yang berkaitan dengan birokrasi penegakan hukum dan sarana pendukung serta komponen cultural yang berkaitan dengan budaya hukum masyarakat yang setiap perilaku hukumnya selalu dilakukan berdasarkan nilai-nilai yang dihayatinya. Pendekatan Paradigma defenisi sosial dalam tesis ini adalah sebagai dasar pikiran bahwa interaksi sosial yang dilakukan oleh masyarakat selalu didasari oleh kekhasannya yaitu manusia itu saling menerjemahkan dan saling men¬defenisikan tindakannya. Jadi tindakan yang dilakukan itu bukan sekedar reaksi belaka dari stimulus atau rangsangan dari luar atau juga tindakan seseorang terhadap orang lain, akan tetapi didasarkan atas makna yang diberikan terhadap stimulus atau tindakan orang lain tersebut. Analisis akan mengungkapkan apa makna dari perilaku pengusaha perakit atas perbuatan pembajakan yang dilakukan, di sisi lain akan terungkap pula nilai-nilai budaya tradisional yang dalam implementasinya dalam masyarakat justru menghambat penegakan hukum.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:K Law > K Law (General)
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Law
ID Code:13288
Deposited By:Mr UPT Perpus 1
Deposited On:03 Jun 2010 17:40
Last Modified:03 Jun 2010 17:40

Repository Staff Only: item control page