TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN KEPADA PEKERJA ANALISIS TERHADAP EFEKTIVITAS KETENTUAN-KETENTUAN TENTANG UPAH DAN KESEJAHTERAAN PEKERJA DI PT BITRATEX SEMARANG

Jumiarti, Jumiarti (1998) TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN KEPADA PEKERJA ANALISIS TERHADAP EFEKTIVITAS KETENTUAN-KETENTUAN TENTANG UPAH DAN KESEJAHTERAAN PEKERJA DI PT BITRATEX SEMARANG. Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
4Mb

Abstract

Tanggung Jawab Sosial Perusahaan kepada Pekerja: Analisis terhadap Efektivitas Ketentuan-ketentuan tentang Upah dan Kesejahteraan Pekerja, adalah masalah yang menarik untuk dikaji. Selain karena ada pertautan antara ilmu ekonomi dan ilmu hukum, masalah ini dalam pelaksanaannya melibatkan pihak pengusaha, pekerja, dan Pemerintah. Dengan mengambil studi kasus di PT Bitratex, permasalahan yang dianalisis adalah efektivitas dari penerapan ketentuan-ketentuan tentang upah dan kesejahteraan pekerja, kendala-kendala dalam penerapannnya, dan solusi untuk mengatasi kendala-kendala dalam penerapannya. Bertolak dari permasalahan ini, metode pendekatan yang digunakan adalah yuridis sosiologis. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, pengamatan dan penelaahan dokumen. Analisis data dilaksanakan dengan analisis domein, taksonomis, dan komponensial. Dengan mengacu kepada teori efektivitas hukum, konsep tanggung jawab sosial perusahaan kepada pekerja, dan konsep upah dan kesejahteraan pekerja, dapat disimpulkan bahwa tidak semua ketentuan dapat diterapkan di PT Bitratex. Kendala-kenda¬la dalam penerapan tersebut mencakup kendala yang bersifat yuridis konseptual maupun bersifat sosial budaya. Solusi untuk mengatasinya adalah dengan cara melakukan langkah-langkah koreksi sesuai sifat kendala-kendala tersebut.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:K Law > K Law (General)
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Law
ID Code:13274
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:03 Jun 2010 15:27
Last Modified:03 Jun 2010 15:27

Repository Staff Only: item control page