HUBUNGAN TINGKAT KONSUMSI ZAT GIZI DAN KONSUMSI TABLET BESI DENGAN KADAR HEMOGLOBIN (Hb) IBU HAMIL TRIMESTER III (STUDI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KAGOK KECAMATAN CANDISARI KOTA SEMARANG)

ASMINIARTI, ELLIANY (2002) HUBUNGAN TINGKAT KONSUMSI ZAT GIZI DAN KONSUMSI TABLET BESI DENGAN KADAR HEMOGLOBIN (Hb) IBU HAMIL TRIMESTER III (STUDI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KAGOK KECAMATAN CANDISARI KOTA SEMARANG). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
15Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Anemia gizi besi merupakan salah satu gangguan gizi yang sering terjadi selama kehamilan. Anemia pada kehamilan dapat mengakibatkane fek yang buruk baik bagi ibu hamil itu sendiri maupun bagi bayi yang akan dilahirkan. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis hubungan hubungan tingkat konsusmi zat gizi (protein, Ca, Fe, P dan vitaman C) dan konsumsi tablet besi dengan kadar Hb ibu hamil trimester III di puskesmas Kagok Kecamatan Candisari. Jenis penelitian adalah explanatory research dengan pendekatan cross sectional. Sample penelitian adalah 38 ibu hamil Trimester III yang terpilih secara Simple Random Sampling dan sesuai criteria inklusi dan ekslusi. Pengumpulan data melalui wawancara dengan menggunakan kuesioner dan pemeriksaan kadar Hb oleh petugas Laboratorium. Untuk menganalisis hubungan digunakan uji Rank Spearman untuk data tingkat konsumsi protein, Ca, Fe, P dan vitamin C serta uji Product Moment untuk data konsumsi tablet besi dengan alpha=0,05. Hasil penelitian menunjukkan 92,1% responden mempunyai tingkat konsumsi protein baik, 65,8% responden mempunyai tingkat konsumsi Ca kurang, 57,9% responden mempunyai tingkat konsumsi Fe kurang, 89,5% responden mempunyai tingkat konsumsi P kurang dan 55,2% responden mempunyai tingkat konsumsi vitamin C kurang. 56,9% responden minum tablet besi dengan menggunakan air the dan sisanya dengan air putih, air sirup, dan pisang. Jumlah rata-rata tablet besi yang diperoleh responden selama hamil 159,47 tablet. Konsumsi tablet besi responden diperoleh rata-rata 61,11 tablet dengan jumlah terendah 15 tablet dan tertinggi 96 tablet. Persentase tablet besi yang diminum responden dibandingkan dengan tablet besi yang diperoleh 38,32%. Proporsi kadar Hb ibu hamil Trimester III diperoleh hasil 63,2% responden memiliki kadar Hb<11 g/dalam. Hasil analisis statistik dengan menggunakan korelasi Rank Spearman menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara tingkat konsumsi protein, Ca, Fe dan P dengan kadar Hb ibu hamil Trimester III dan ada hubungan yang bermakna antara tingkat konsumsi vitamin C. dengan kadar Hb ibu hamil Trimester III. Uji korelasi dengan menggunakan product moment menunjukkan bahwa ada hubungan yang bermakna antara konsumsi tablet besi dengan kadar Hb ibu hamil Trimester III. Melihat tingginya proporsi anemia maka disarankan pada responden untuk meningkatkan konsumsi protein hewani terutama golongan Meat factor, menghindari konsumsi tablet besi dengan air teh, perlunya sistim pantau konsumsi tablet besi dari pihak puskesmas dan peningkatan konsumsi vitamin C pada ibu hamil terutama dari makanan sehari-hari. Kata Kunci: IBU HAMIL TRIMESTER III, TINGKAT KONSUMSI, TABLET BESI, KADAR Hb

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:13217
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:03 Jun 2010 13:46
Last Modified:03 Jun 2010 13:46

Repository Staff Only: item control page