PERBEDAAN LAMA DIARE DAN KEHILANGAN BERAT BADAN PADA ANAK YANG DIBERI DIIT BUBUR TEMPE DAN BUBUR SUMSUM (STUDI KASUS ANAK UMUR 6-24 BULAN DENGAN DIARE DEHIDRASI SEDANG DI RUMAH SAKIT ROEMANI MUHAMMADIYAH SEMARANG)

ERNIZA , ERNIZA (2002) PERBEDAAN LAMA DIARE DAN KEHILANGAN BERAT BADAN PADA ANAK YANG DIBERI DIIT BUBUR TEMPE DAN BUBUR SUMSUM (STUDI KASUS ANAK UMUR 6-24 BULAN DENGAN DIARE DEHIDRASI SEDANG DI RUMAH SAKIT ROEMANI MUHAMMADIYAH SEMARANG). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
13Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Angka kematian bayi di Indonesia akibat diare merupakan factor tertinggi 24,1%. Prevalensi diare di rumah sakit Roemani termasuk dalam 10 peringkat besar penyakit utama dan diare menempati persentase tertinggi 65,73% pada 3 bulan pertama tahun 2001. tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan lama berhentinya diare, mendiskripsikan kehilangan berat badan dan analisis perbedaan lama berhentinya diare dan kehilangan BB dan menganalisis perbedaan tempe dan bubur sumsum, menganalisis tingkat kecukupan energi dan protein pada anak yang diberi diit bubur tempe dan bubur sumsum. Penelitian ini dilakukan dengan eksperimen semu dengan pre dan post test only control group design, dan pendekatan metode survei dimana penelitian dibedakan pada kelompok yang mendapat perlkuan dankl yang tidak mendapat perlakuan. Populasi adalah semua pasien anak dengan kasus diare yang dirawat di rumah sakit Roemani pada Juli 2001. jumlah sampel 24 diambil secara purposife dengan kriteria yang sudah ditentukan secara inklusi dan ekslusi. Analisa data dilakukan dengan mengetahui normalitas data dan selanjutnya dilakukan uji Ttest dan uji Chi Square. Pada uji statistik dengan Ttest didapatkan ada perbedaanlama diare dehidrasi sedang yang diberi diit bubur tempe dan yang diberi bubur sumsum, tidak ada perbedaan kehilangan BB pada anak yang diberi diit bubur tempe dan yang diberi bubur tempe; ada perbedaan tingkat kecukupan energi pada anak yang diberi diit bubur tempe dan yang diberi bubur sumsum. Dengan adanya perbedaan lama diare pada anak yang diberi diit bubur tempe dan bubur sumsum maka perlu dibuat prosedur tetap untuk penanganan kasus diare dehidrasi sedang dengan bubur tempe serta penelitian lanjutan dengan sampel yang lebih besar. Kata Kunci: LAMA DIARE, KEHILANGAN BERAT BADAN, BUBUR TEMPE, BUBUR SUMSUM

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:13198
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:03 Jun 2010 11:24
Last Modified:03 Jun 2010 11:24

Repository Staff Only: item control page