ANALISIS PENGARUH EFEKTIIVITAS PERIKLANAN TERHADAP ASOSIASI MEREK DAN LOYALITAS MEREK DALAM MENINGKATKAN EKUITAS MEREK

Widiyatmoko, VVisnu (2005) ANALISIS PENGARUH EFEKTIIVITAS PERIKLANAN TERHADAP ASOSIASI MEREK DAN LOYALITAS MEREK DALAM MENINGKATKAN EKUITAS MEREK. Masters thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
2559Kb

Abstract

Panelitian ini ditujuican untuk menguji penganth efektivitas periklanan terhadap asosiasi merek dan loyalitas merek dalam meningkatkan ekuitas merek Penggunaan variabel-variabel tersebut dengan ala.san hasil penelitian terdahulu, yaitu: Aaker dan Keller (1990), Biel (1992), Grover dan Srinivasan (1992), dan Cobb-Walgren (1995) yang menemukan pengaruh langsung efektivitas perildanan terhadap asosiasi merek dan loyalitas merek dalain meningkatkan ekaitas merek. Penggunaan variabel-variabel tersebut dapat memecahlcan pennasalahan yang terjadi pada sepeda motor merek Honda, Suzuki dan Yamaha, yaitu diperlukannya ekuitas merek dari konsumennya. mengingat persaingan dalam . bisnis automotif khususnya sepeda motor yang sangat tinggi. Pada tahun 2004 diperkiralcan pertumbuhan sepeda motor alcan meninglcat 22 atau menyerap sekitar 3 juta unit. Nampalcnya Honda masih akan tetap menjadi market leader, sementara persaingan seru akan tedadi pada Suzuki dan Yamaha. Melihat suksesnya pznjualan Suzuki di tahun 2003 dengan mengambil alih posisi 2 dari Yamaha, pada tahun 2004 Suzulci mentargetkan 800 ribuitahun penjualannya. Penelitian ini meguji ekuitas merek dari Iceriga merek sepeda motor yaittr, Honda, Suzulci dan Yamaha di kota Semarang. Sampel penelitian ini adalah pengguna sepeda motor merek Honda, Suzuki dan .Yamaha, sejumlah 100 orang: Structural Equation Modeling (SEM) yang dijalankan dengan perangkat lunak AMOS, digunalcan untuk menganalisis data, Hasil analisis menunjukkan bahwa efektifitas periklanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap asosiasi merek dan loyalitas merek, dan asosiasi merek dan loyalitas merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap ekuitas merek: Temuan empiris tersebut mengindikasilcan bahwa untulc meninglcatkan ekuitas merek, Pabrilcan sepeda motor terutama Merek Honda, Suzulci dan Yamaha .seharusnya memperhatikan faktor-faktor seperti efelctivitas perilclanan, karena faktor-faktor tersebut terbulcti mempengaruhi asosiasi merek dan loyalitas merek dalam meningkatkan ekuitas merek. Implikasi teoritis dan saran-saran bagi penelitian mendatang juga diuraikan pada bagian alchir dalam penelitian ini The aim of this research is to test the influences of advertising effectiveness toward brand of association and brand of loyality and it's affect to improvement of brand of equity. The usage of these variables, For instance Aaker And Keller (1990), Biel (1992), Grover And Srinivasan (1992), and Cobb-Walgren (1995) discovered the direct affect advertising effectiveness toward brand of association and brand of loyality and it 's affect to improvement of brand of equity. Using of these variables is able to solve the arising problem within that happened at motorcycle of brand Honda, Suzuki And Yamaha, that is needing of brand of eqzilly from his consumer remember emulation in business automotif specially motorcycle. In the year 2004 estimated by growth of motorcycle will mount 22 % or permeate about 3 million unit. Likely Honda still will remain to be market leader, whereas emulation exclaim will be became of Suzuki And Yamaha. The sale of Suzuki in 2003 by taking over position 2 from Yamaha, in the year 2004 Suzuki target 800 of its hundred/year sale. This research is examinee of brand equity from third brand of motorcycle that is: Honda, Suzuki And Yamaha in Semarang. The samples of this research consisted of a hundred consumer of motorcycle of brand Honda, Suzuki And Yamaha. Structural Equation Modeling (SEM) was run by an AMOS for data analysis. The result of the analysis showed that advertising effectiveness contributes an positive influence, which is significant to brand of association and brand of loyality and brand of association and brand of loyality contributes an positive influence, which is significant to brand of equity. This empirical discovery indicated that to increase brand of equity, manufacturer of Motorcycle especially brand of Honda, Suiuki and Yamaha ought to pay attention to factors such as advertising effectiveness, since proven to the factors influence brand of association and brand of loyality in improving brand of equity. Theoritical implications and suggestions for future research have been elaborated at the end of this study.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:13147
Deposited By:Mr UPT Perpus 1
Deposited On:03 Jun 2010 08:23
Last Modified:03 Jun 2010 08:23

Repository Staff Only: item control page