GEDUNG INDOSAT CJDRO DI SEMARANG

HAPSARI, ASTRILITA (2008) GEDUNG INDOSAT CJDRO DI SEMARANG. Undergraduate thesis, Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Undip.

[img]
Preview
PDF - Published Version
985Kb

Abstract

1.1. Pengertian Gedung Indosat CJDRO (Central Java & DIY Regional Office) adalah sebuah kantor Indosat tingkat regional yang wilayah kerjanya meliputi Jawa Tengah dan Yogyakarta. Berkewajiban mengatur dan mengawasi proses administrasi pemasaran produk-produk Indosat yang dilakukan oleh kantor cabang - kantor cabang yang tersebar di Jateng dan Yogyakarta. Kantor cabang - kantor cabang yang berada di bawah pengawasan dari Indosat CJDRO adalah Indosat kantor cabang Semarang, Yogyakarta, Solo, Purwokerto, dan Tegal. Indosat CJDRO berkedudukan di kota Semarang karena bagi Indosat, Semarang adalah pemberi kontribusi terbesar di Jawa Tengah (Indosat, Jateng &DIY dalam Buku Panduan, 2007). Indosat CJDRO dipimpin oleh Kepala Regional (Group Head) yang membawahi beberapa Kepala Divisi dan Kepala Cabang Semarang dalam satu lingkup kerja. Indosat CJDRO memiliki galeri Indosat sebagai kantor pelayanan bagi para pelanggan Indosat sekaligus sebagai tempat untuk memasarkan produk-produk dari Indosat kepada konsumennya. Keberadaan galeri Indosat di Gedung Indosat CJDRO adalah bagian dari sistem pemasaran yang dilakukan oleh Indosat Cabang Semarang. Jadi dapat disimpulkan bahwa Gedung Indosat CJDRO di Semarang adalah sebuah kantor milik perusahaan Indosat yang berskala regional yang di dalamnya terdapat kegiatan managemen dari Indosat Regional Jateng & DIY, Semarang Branch sebagai kegiatan pokok dan Galeri Indosat berskala regional sebagai kegiatan yang dilakukan oleh Semarang Branch. Tempat ini dirancang dengan penekanan desain hi-tech sebagai perwujudan dari corporate image perusahaan Indosat yaitu “Yellow message” yang merupakan representasi dari citra Indosat sebagai perusahaan telekomunikasi terdepan yang berteknologi tinggi, bersahabat, dinamis dan modern. 1.2. Visi dan Misi Indosat Visi PT. Indosat adalah menjadi pemimpin dalam menyediakan layanan jaringan telekomunikasi selular yang terintegerasi secara penuh di Indonesia. Sedangkan misi PT. Indosat adalah : a. Menyediakan dan mengembangkan pruduk-produk yang inovatif dan berkualitas, mediakan jasa layanan dan solusi terbaik bagi pelanggan. b. Mengembangkan keuntungan pemegang saham. c. Meningkatkan kualitas hidup para pemegang saham. 1.3. Identitas Indosat a. Indosat adalah penyelenggara terdepan dalam industri telekomunikasi di Indonesia yang ikut mendorong perubahan dan perkembangan pasar telekomunikasi yang bertumbuh dan menjanjikan. Indosat senantiasa mengamati perkembangan industri, meningkatkan kemampuan untuk menyediakan layanan komunikasi end-to-end, mengantisipasi dan menyediakan seluruh kebutuhan pelanggan. Melalui manajemen yang berpengalaman dan berpotensi, Indosat akan senantiasa mengembangkan karyawan, teknologi dan layanan untuk mencapai visi perusahaan. Pelanggan Indosat akan menikmati pelayanan one stop-shopping melalui kemudahan berinteraksi dengan pelanggan, kenyamanan serta keyakinan atas komitmen Indosat untuk memberikan pelayanan dan nilai terbaik. (Sumber : Indosat) b. Corporate image dari sebuah perusahaan adalah bagaimana suatu perusahaan dipersepsikan dan dilihat oleh masyarakat atau publik, dalam hal ini konsumen, pesaing, suplier, pemerintah dan masyarakat umum. Corporate image terbentuk dari kontak dengan perusahaan tersebut dan dengan menginterpretasikan informasi mengenai perusahaan tersebut. (Suharto, Christine, 1999, Corporate Identity, sejarah dan aplikasinya). PT. Indosat sebagai perusahaan telekomunikasi terbesar kedua di Indonesia memiliki corporate image yaitu Yellow message. Yellow message dimaksudkan sebagai identitas perusahaan yang merupakan representasi dari citra Indosat sebagai perusahaan telekomunikasi terdepan yang berteknologi tinggi namun bersahabat, dinamis dan modern. Yellow message the trough new identity, yaitu melalui identitas baru, Indosat berusaha menyampaikan pesan untuk satu langkah di depan, bergerak dinamis melampaui modernitas dengan komitmen tinggi pada komunikasi, teknologi, dan pelayanan terhadap masyarakat. (Semarang Build Poject,Indosat, 2008) Dalam kaitannya dengan perancangan, wujud dari Yellow message adalah berupa ornamen yang eye catching dari fasade bangunan. (Indosat, Standarisasi Indosat CJDRO, 2008). Perusahaan Indosat tidak memberikan spesifikasi dan tidak memiliki ketentuan yang mendetail mengenai corporate image yang akan ditampilkan pada setiap bangunannya. c. Dari beberapa gedung Indosat yang sudah berdiri, tidak ada suatu identitas yang menunjukkan bahwa gedung tersebut digunakan oleh perusahaan Indosat. Hal ini dapat dilihat dari gambar KPPTI (Kantor Pusat Perusahaan Telekomunikasi Indosat), Kantor Regional Sumatera, dan Kantor Regional Jawa Barat berikut ini : 1.4. Logo Indosat Identitas Indosat terdiri dari kombinasi teks "Indosat" dan simbol "Techno Flower" yang mencerminkan teknologi tinggi namun bersahabat, dinamis dan modern. Teks Indosat didesain secara khusus menggunakan huruf kecil yang melambangkan sikap Indosat yang bersahabat dan mudah bekerjasama. Warna Indosat melambangkan kekuatan korporasi Indosat yang kokoh dan solid, kemampuan dan rasa percaya diri dalam bidang teknologi tinggi serta kestabilan perusahaan. Simbol techno flower tercipta dari gabungan tiga elips yang mencerminkan usaha dan fokus bisnis Indosat saat ini, yaitu di Indonesia, dalam bidang teknologi dan pelayanan bagi masyarakat, serta pentingnya kerjasama yang kokoh diantara ketiga elemen tersebut. Tiga elips pembentuk techno flower masing-masing mencerminkan : Masyarakat Indonesia, Teknologi, Telekomunikasi. Rangkaian elips ini membentuk bintang permata di tengah mencerminkan layanan terbaik dan berkualitas yang senantiasa diberikan oleh Indosat kepada masyarakat Indonesia. 1.5. Struktur Organisasi 1.6. Jumlah Pekerja Tahun Jumlah 2007 204 orang 2006 193 orang 2005 182 orang 2004 170 orang 2003 160 orang Berikut adalah jumlah karyawan Indosat CJDRO yang bekerja di dalam gedung Indosat, yaitu setelah dikurangi dengan karyawan bagian Divisi Technical yang bekerjanya menempati Kantor Divisi Technical di Jl. Bukit Kusuma, Gombel, Semarang. Dalam PT. Indosat CJDRO terdapat jabatan-jabatan yang selalu tetap (tidak berubah) dari tahun ke tahun, jabatan-jabatan tersebut adalah : No Bagian Jabatan 1 Regional Jateng & DIY 1 Kepala Regional, 1 Sekretaris 2 Marketing & Sales Support • Marketing Program & Analys • Product & Solution Support • Channel Management • Retention Management • Vas Sales Management 1 Kepala Divisi • 1 Manager • 1 Manager • 1 Manager • 1 Manager • 1 Manager 3 Technical Operation • Local Network O&M • 1 Manager 4 Finance • Budgeting & Revenue Assurance • Treasury • Accounting 1 Kepala Divisi • 1 Manager • 1 Manager • 1 Manager 5 Business Operation Support • HR Development • Property & GA • IT Support • Procurement • Site Administration & Litigation 1 Kepala Divisi • 1 Manager • 1 Manager • 1 Manager • 1 Manager • 1 Manager 6 Internal Audit 1 Kepala Divisi 7 Semarang Branch • Marcomm • Direct Sales • Indirect Sales • Customer Service • Sales Administration & Market Analysis 1 Kepala Cabang, 1 Sekretaris, dan 1 Branch Admin • 1 Manager • 1 Manager • 1 Manager • 1 Manager • 1 Manager Jmlah 28 orang Dari data tabel di atas, diketahui jumlah pekerja Indosat CJDRO yang tidak tetap yaitu sebagai berikut : Tahun Jumlah Pekerja Pertahun Tetap Tidak Tetap 2007 204 orang 28 orang 176 orang 2006 193 orang 28 orang 165 orang 2005 182 orang 28 orang 154 orang 2004 170 orang 28 orang 142 orang 2003 160 orang 28 orang 132 orang 1.7. Pembagian Zoning Indosat CJDRO yang pada saat ini masih menempati bangunan Bank Umum Nasional yang terdiri dari tiga lantai memiliki zoning sebagai berikut : 1.8. Skema Organisasi Ruang Indosat CJDRO a. Skema organisasi ruang untuk Semarang Branch Area Customer Service atau Galeri Indosat sebagai kantor pelayanan, merupakan wadah dari kegiatan yang berkaitan dengan pelayanan terhadap pelanggan baik berupa pengaduan, panduan berlangganan, pembelian kartu perdana prabayar GSM/ CDMA/ kartu prabayar internet/ voucer isi ulang, dan/ atau pembayaran tagihan, dll. PT. Indosat memiliki 2 tipe galeri, yaitu Galeri Indosat tipe A yang khusus berada di kota besar dan Galeri Indosat tipe B yang berada di kota kecil yang masing-masing mempunyai standarisasi khusus mengenai jenis ruang, besaran ruang dan interiornya. Galeri Indosat Regional Jateng & DIY yang merupakan Galeri Indosat tipe A, merupakan kegiatan dari Indosat Cabang Semarang yang fungsinya tidak hanya untuk memberikan pelayanan bagi para pelanggan Indosat yang berada di kota Semarang melainkan juga berfungsi sebagai tempat untuk memasarkan produk-produk Indosat kepada masyarakat. Di galeri Indosat Regional Jateng & DIY ini setiap harinya tercatat sebanyak ±200 orang pelanggan yang datang. Pelanggan yang datang disediakan fasilitas-fasilitas yaitu waiting hall, meet & greet sebagai resepsionis, costumer service, VIP Room, Tech-up date sebagai layanan aplikasi internet dan cashier area sebagai tempat transaksi pembayaran khusus pembelian produk-produk Indosat. (Denah eksisting Galeri Indosat CJDRO dapat dilihat di lampiran) No Ruang Fungsi 1 Meet & Greet Sebagai ruang penerima dan pengambilan nomor antrian 2 Waiting Hall Ruang tunggu 3 Costumer Service Ruang pelayanan bagi para pelanggan 4 VIP Room Ruang pelayanan bagi pelanggan khusus 5 Tech-up date Ruang penanganan aplikasi produk IM2 6 Cashier Area Tempat pembelian sekaligus pembayaran produk b. Skema organisasi ruang untuk Regional Jateng & DIY 1.9. Sistem Penataan dan Sirkulasi Ruang Kantor Sistem penataan ruang kantor yang digunakan oleh setiap gedung Indosat adalah sistem Open Plan yang menurut Duffy dalam Planning Office Space adalah bentuk penataan geometri yang kaku, layout ruangan yang sangat luas, susunan ruang fleksibel menurut kebutuhan pemakai, dan penataan berdasarkan pembagian sub divisi dan ruang kerja. Sama halnya dengan gedung Indosat yang lain, Gedung Indosat CJDRO menggunakan sistem open plan dan sistem terbuka (open lay out) yang merupakan sistem yang tidak menggunakan penyekat ruang yang permanen. Dalam sistem sirkulasi ini setiap ruang-ruang kantor dapat dicapai dari utility core. Sistem ini memudahkan kinerja para karyawan PT. Indosat dalam berinteraksi di dalam ruang kantor mengingat hubungan setiap divisi sangat erat dan dibutuhkan sistem komunikasi yang baik. 1.10. Ruang Perangkat Ruang perangkat di Gedung Indosat CJDRO berfungsi sebagai tempat Data Centre Telecomunication yang terdapat beberapa perangkat yang sensitif terhadap perubahan tegangan dan grounding. Terdapat perangkat telekomunikasi yang harus hidup terus menerus selama 24 jam sehari. Untuk itu diperlukan perlakuan khusus untuk menjaga kinerja perangkat lunak tersebut dengan raised floor dan sistem penghawaan yang khusus. Saat ini ruang perangkat yang dimiliki Indosat CJDRO hanya berada di kantor Divisi Technical, Gombel saja namun pada perencanaannya ruang perangkat ini juga akan berada di Gedung Indosat CJDRO di Semarang. Berikut adalah data mengenai ruang perangkat : 1.11. Tinjauan Tapak Tapak perencanaan dan perancangan Gedung Indosat CJDRO terletak di Jalan Pandanaran no. 131 Semarang. Berdasarkan RTRW/RDTRK Kota Semarang 2000-2010 lokasi tersebut termasuk ke dalam BWK I yang secara letak geografisnya terletak di pusat kota sehingga memiliki lokasi yang cukup strategis dan memiliki fungsi utama yaitu sebagai kawasan perdagangan dan jasa, perkantoran skala kota dan regional. Berikut adalah tapak gedung Indosat CJDRO di Semarang : Berikut adalah data mengenai tapak perencanaan Gedung Indosat CJDRO di Semarang : Luas Tapak 2317 m2 Peraturan Bangunan KDB = 0,5 KLB = 3 Max lantai = 12 GSB = 23 meter Kontur Rata Keadaan Tapak Lahan kosong Peruntukkan Lahan CBD (Central Bisnis District), Pusat Perkantoran Lokasi • Tapak berada di kawasan Simpang Lima yang tepatnya di jalan Pandanaran serta dilalui berbagai jenis kendaraan umum dari berbagai arah. • Kepadatan lingkungan di sekitar tapak sedang. • Letak tapak sangat strategis karena berada di pusat kegiatan kota. • Fasilitas umum tapak telah tersedia lengkap. Aksesibilitas Pencapaian utama ke tapak dari Jalan Pandanaran View View satu arah dari dan ke tapak Transportasi umum Mobil Angkutan Kota, Bis dalam Kota, taxi, dan becak

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:N Fine Arts > NA Architecture
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Architecture Engineering
Faculty of Engineering > Department of Architecture Engineering
ID Code:1308
Deposited By:arsitek Agus Pramono arsitek
Deposited On:14 Oct 2009 13:32
Last Modified:27 Oct 2009 08:45

Repository Staff Only: item control page