PEMELIHARAAN LARVA MANSONIA UNIFORMIS (THEOBALD) DI LABORATORIUM DENGAN MENGGUNAKAN AIR RAWA SEBAGAI MEDIUM PEMELIHARAAN

RAHAYU , SETYANING (1995) PEMELIHARAAN LARVA MANSONIA UNIFORMIS (THEOBALD) DI LABORATORIUM DENGAN MENGGUNAKAN AIR RAWA SEBAGAI MEDIUM PEMELIHARAAN. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
26Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Filiarisis hingga kini masih merupakan masalah kesehatan masyarakat yang penting di Indonesia. Salah satu penyebabnya adalah cacing Brugia malayi dan hewan penular-nya adalah nyamuk Mansonia uniformis (Theobald). Berbagai penelitian perlu dilakukan agar upaya pengendalian dapat dilakukan dengan tepat. Untuk dapat melakukan berbagai penelitian tersebut dibutuhkan nyamuk dewasa dalam jumlah yang cukup banyak sehingga prlu dilakukan pemeliharaan nyamuk di laboratorium. Sampai saat ini pemeliharaan nyamuk Mansonia uniformis (Theobald) masih mengalami kesulitan yaitu kematian larva yang tinggi. Dalam upaya mencari metode pemelitahaan yang tepat maka dilakukan penelitian dengan memelihara larva Mansonia uniformis (Theobald) dengan menggunakan air rawa sebagai medium pemeliharaan. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksploratif dan bertujuan untuk mengetahui pertumbuhan larva dan jenis plankton yang dimakan oleh larva pada pemeliharaan dengan menggunakan medium air rawa. Dalam pemeliharaan larva dihasilkan 44,53% nyamuk dewasa dari larva instar I yang dipelihara. Untuk mengetahui jenis plankton yang dimakan oleh larva dilakukan pembedahan larva dan dari hasil identifikasi ditemukan 4 jenis phytoplankton dalam usus larva yaitu Nitzschia sp, Navicula sp, Surirella sp dan Coscinodiscus sp. Kata Kunci: LARVA MANSONIA UNIFORMIS (THEOBALD)

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:13062
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:03 Jun 2010 10:14
Last Modified:03 Jun 2010 10:14

Repository Staff Only: item control page