PENGARUH MUSIK PENGIRING KERJA TERHADAP PENURUNAN TINGKAT STRES KERJA PADA PEGAWAI BADAN PENGELOLA KEUANGAN DAERAH (BPKD) KABUPATEN BREBES

Hilda Fajar Wati, Tri Kurnia (2006) PENGARUH MUSIK PENGIRING KERJA TERHADAP PENURUNAN TINGKAT STRES KERJA PADA PEGAWAI BADAN PENGELOLA KEUANGAN DAERAH (BPKD) KABUPATEN BREBES. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
41Kb

Abstract

ABSTRAK Stres kerja merupakan hasil dari tidak atau kurang adanya kecocokan antara individu sebagai pegawai dengan lingkungan tempat kerjanya, sehingga mengakibatkan ketidakmampuannya untuk menghadapi berbagai tuntutan terhadap dirinya secara efektif. Stres kerja dapat menimbulkan dampak negatif terhadap aspek fisiologis, psikologis, dan perilaku pegawai sehingga harus diatasi dengan tepat. Salah satu cara untuk mengurangi stres kerja yaitu dengan menciptakan lingkungan kerja yang nyaman, misalnya dengan memberikan musik pengiring kerja kepada pegawai. Musik pengiring kerja dapat memberikan pengaruh positif terhadap aspek fisiologis, psikologis, dan perilaku pegawai yang sedang bekerja, sehingga diharapkan dapat mengurangi stres kerja. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh musik pengiring kerja terhadap penurunan tingkat stres kerja pada pegawai Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Brebes. BPKD adalah intansi pemerintah yang mempunyai tingkat stres kerja tinggi, karena berkaitan dengan beban tugas dan tanggung jawabnya mengenai keuangan. Karakteristik subjek penelitian adalah pegawai BPKD Kabupaten Brebes yang bekerja di dalam ruangan, berpendidikan minimal SMA, berusia minimal 21 tahun, dan memiliki tingkat stres kerja minimal sedang. Penelitian ini menggunakan desain non-randomized pretest-posttest control group design. Pemilihan subjek dengan menggunakan metode pair-matching berdasarkan tingkat stres kerja yang dimiliki. Subjek Penelitian sebanyak 24 pegawai, masing-masing 12 subjek pada kelomok eksperimen dan kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan beberapa metode yaitu wawancara, observasi, skala stres kerja pada pegawai, angket pemilihan musik, pengukuran fisiologis yang terdiri dari pemeriksaan tekanan darah dan denyut nadi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode statistik non parametrik Mann-Whitney U Test, dan didapatkan hasil perbedaan mean skor sebesar 9,09 dengan Z hitung (-1,993) > Z tabel (-1,960) dan Asymp. Sig (1-tailed) (0,023) <  (0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan skor tingkat stres kerja yang signifikan antara pegawai yang mendapatkan perlakuan berupa mendengarkan musik pengiring kerja dengan pegawai yang tidak mendengarkan musik pengiring kerja. Musik pengiring kerja mampu menurunkan tingkat stres kerja pegawai.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:13052
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:02 Jun 2010 14:06
Last Modified:02 Jun 2010 14:06

Repository Staff Only: item control page