PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR ANTARA ANAK YANG TIDAK MENGALAMI PEMBESARAN KELENJAR GONDOK DAN MENGALAMI PEMBESARAN KELENJAR GONDOK (Studi Pada Anak SD kelas V,VI di Kecamatan Maligano Kabupaten Muna Propinsi Sulawesi Tenggara)

SIHARIS, EMMY WARNIDA (2003) PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR ANTARA ANAK YANG TIDAK MENGALAMI PEMBESARAN KELENJAR GONDOK DAN MENGALAMI PEMBESARAN KELENJAR GONDOK (Studi Pada Anak SD kelas V,VI di Kecamatan Maligano Kabupaten Muna Propinsi Sulawesi Tenggara). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
13Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Pembesaran kelenjar gondok merupakan salah satu manifestasi dari GAKI. Gondok selain disebabkan kurangnya iodium juga disebabkan oleh zatfoitrogenik yang menghambat kerja hormon tiroid sehingga dapat mempengaruhi pertumbuhan mental dan intelegensia, kerusakan otak serta kesulitan belajar yang pada akhirnya berpengaruh pada prestasi belajar anak khususnya anak sekolah. Prestasi belajar juga dipengaruhi faktor internal dan eksternal anak tersebut. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perbedaan prestasi belajr antara anak yang mengalami pembesaran kelenjar gondok dan tidak mengalami pembesaran kelenjar gondok pada anak SD kelas V, VI di Kecamatan Maligano, Kabupaten Muna Prop. Sul-Teng. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan cross sectional. Sample penelitian diambil dengan teknik systematic sampling dari semua murid SD kelas V dan VI dengan jumlah 60 anak. Kejadian gondok diukur dengan metode palpasi. Hasil penelitian menunjukkan TGR 47,3% dan VGR 12,8%. Prestasi belajar anak yang mengalami pembesaran kelenjar gondok nilai rata-rata matematika 5,94, IPA 6,13; IPS 17,30, Bahasa Indonesia 6,00 dan rata-rata secara keseluruhan 6,05. hasil uji statistik dengan uji t menunjukkan bahwa ada perbedan prestasi belajar antara anak yang mengalami dan tidak mengalami pembesaran kelenjar gondok, dengan indicator nilai matematika (p value=0,00), IPA (p value=0,00), Bahasa Indonesia (p value=0,00), dan prestasi belajar keseluruhan (p value=0,00). Sedangkan hasil uji statistik dengan man Whitney menunjukkan ada perbedan prestasi belajar antara anak yang mengalami pembesaran kelenjar gondok dan tidak mengalami pembesaran kelenjar gondok untuk mata pelajaran IPS (p value = 0,00). Kata Kunci: PEMBESARAN KELENJAR GONDOK, PRESTASI BELAJAR, SISWA SD KELAS V DAN VI

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:13040
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:02 Jun 2010 13:56
Last Modified:02 Jun 2010 13:56

Repository Staff Only: item control page