FORMULASI STRATEGI PENGEMBANGAN. SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 JEPARA DI KABUPATEN JEPARA

SUSANTO, A. JULI (2005) FORMULASI STRATEGI PENGEMBANGAN. SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 JEPARA DI KABUPATEN JEPARA. Masters thesis, Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
3113Kb

Abstract

SMAN I Jepara is one of the high school institution in Jepara is now facing and handicaps in holding the education process: lack of education budget, curriculum that less supportive the quality promotion because of its centralistic and unrealistic character and heavily burdens the students complicated education system and management, such as "too far" government intervention and the low of teacher quality. Nowadays Jepara has 63 units of high school each are competitor (SMA, SMK, and MA). The aim of this research is to determine the strategy to develop SMAN I Jepara by identifying the strengths, weaknesses, opportunities and threats to find the issues, define the strategic issues and then formulating the concept of strategy. To observe the internal and external environments, descriptive explorative method is used. Data collective is run on both primary data sources : intensives interview, observation, and secondary data sources : documentation, photos, recording, references. The research objects consists of seven persons : The Chief of education and culture service, the School Master, the vice school master, the assistant of the vice school master, the chief of the burean of administration, senior teacher and the school committee. To understand the going phenomena deeply, analysis is run on both internal and external factors using SWOT matrix to define the strategic issues. The four strategic issues are : promotion the education quality, raising the professionalism and the organization management, raising the education and the welfare of the staffs budget, and personnel recruitment is adjusted to the needs, using litmus test the most strategic issues is determined, that is promoting the education quality. It will be implemented with in a strategic planning process that consists of three phases : long term, medium and short term plan. The chosen strategy is differentiation strategies that based up on the comparative advantages of the products or services which are different with the products and services of the other organization, such as attractive, and unique ones that not found in the other school (SMA, SMK and MA). SMAN 1 Jepara merupakan sekolah jenjang pendidikan menengah yang ada di Kabupaten Jepara, secara umum yang menjadi kendala dalam penyelenggaraan pendidikan adalah faktor dana pendidikan yang masih relatif kecil, kurikulum yang kurang menunjang peningkatan mutu karena masih sentralistik dan tidak realistik terhadap kondisi siswa dan sarat beban, kesemrawutan sistem dan manajemen pendidikan tennasuk di dalamnya terlalu besar campur tangan pemerintah, dan rendahnya mutu guru. Saat ini di Kabupaten Jepara terdapat 63 institusi jenjang pendidikan menengah (SMA, SMK dan MA) yang merupakan kompetitor satu dengan yang lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan strategi pengembangan SMAN I Jepara dengan melakukan identifikasi kekuatan dan kelemahan yang ada serta peluang dan ancaman, mencari isu-iu strategi, menetapkan isu dan kemudian merumuskan rancangan strategi. Rancangan yang digunakan adalah deskriptif eksploratif yang digunakan untuk mengamati keadaan lingkungan ekstemal dan internal. Pengumpulan data dilakukan dengan cara sumber data primer : wawancara mendalam, obervasi dan sumber data sekunder : dokumentasi, foto, rekaman, referensi. Subyek penelitian berjumlah 7 orang terdiri dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jepara, Kepala SMAN 1 Jepara, Wakil Kepala Sekolah, Pembantu Wakil Kepala Sekolah, KepalaTata Usaha, pengajar senior dan Komite Sekolahl Pendalaman terhadap fenomena yang terjadi dilakukan dengan menganalisis faktor ekstemal dan internal menggunakan matriks SWOT, dengan menetapkan isu strategis. Empat isu strategis yang ada di SD/LAN 1 Jepara yaitu peningkatan kualitas pendidikan, peningkatan profesionalisme dan manajemen organisasi, peningkatan anggaran pendidikan dan kesejahteraan pegawai, ketenagaan disesuaikan dengan kebutuhan. Setelah dilakukan uji litmus Tes, maka dipilih satu isu yang paling dibutuhkan. Isu tersebut adalah peningkatan kualitas pendidikan, dan akan diimplementasikan dalam sebuah proses perencanaan strategis yang dibagi dalam tiga tahap, yaitu rencana jangka panjang, rencana jangka menegah, dan rencana jangka pendek. Adapun strategi yang dipakai adalah defferentiation strategies yang mendasarkan keuntungan komparatif pada produk atau pelayanan yang sifat dan atributnya berbeda dengan produk dan pelayanan dari organisasi lain, dengan adanya program-program menarik unik dan tidak terdapat di organisasi SMA, SMK dan MA lainnya.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Public Administration
ID Code:13030
Deposited By:Mr UPT Perpus 5
Deposited On:02 Jun 2010 13:44
Last Modified:02 Jun 2010 13:44

Repository Staff Only: item control page