HUBUNGAN ANTARA KEBUTUHAN HARGA DIRI DENGAN KECENDERUNGAN PERILAKU KONSUMTIF TERHADAP TELEPON GENGGAM PADA MAHASISWA PSIKOLOGI UNIVERSITAS DIPONEGORO

Wiliza Rizeki, Finta (2006) HUBUNGAN ANTARA KEBUTUHAN HARGA DIRI DENGAN KECENDERUNGAN PERILAKU KONSUMTIF TERHADAP TELEPON GENGGAM PADA MAHASISWA PSIKOLOGI UNIVERSITAS DIPONEGORO. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
24Kb
[img]
Preview
PDF
45Kb

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara kebutuhan harga diri dengan kecenderungan perilaku konsumtif terhadap telepon genggam pada mahasiswa Program Studi Psikologi Universitas Diponegoro. Kecenderungan perilaku konsumtif terhadap telepon genggam adalah suatu kecenderungan perilaku membeli yang dilakukan oleh individu terhadap telepon genggam tanpa didasari oleh pertimbangan yang rasional. kebutuhan harga diri adalah kebutuhan untuk melakukan penilaian secara menyeluruh terhadap diri sendiri yang bersifat khas mengenai kemampuan, keberhasilan, perasaan berharga, serta penerimaan yang dipertahankan oleh individu yang berasal dari interaksi individu dengan orang lain. Subjek penelitian ini adalah 45 mahasiswa angkatan 2005 Program Studi Psikologi Universitas Diponegoro Semarang, yang berusia 18 – 21 tahun. Metode pengumpulan data menggunakan skala, yaitu skala kecenderungan perilaku konsumtif terhadap telepon genggam yang terdiri dari 25 aitem (µ = 0,8979 ) dan skala kebutuhan harga diri terdiri dari 25 aitem (µ = 0,8639 ). Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan analisis regresi sederhana menunjukkan hasil rxy = 0, 762 dan p = 0,000 (p<0,05). Kondisi tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara kebutuhan harga diri dengan kecenderungan perilaku konsumtif terhadap telepon genggam pada mahasiswa Program Studi Psikologi Universitas Diponegoro Semarang. Efektifitas regresi dalam penelitian ini adalah sebesar 0,581, artinya kebutuhan harga diri mempunyai sumbangan efektif sebesar 58,1 % terhadap kecenderungan perilaku konsumtif terhadap telepon genggam, sedangkan 41,9 % ditentukan oleh faktor lain yang tidak diungkap dalam penelitian ini.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:13018
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:02 Jun 2010 13:32
Last Modified:02 Jun 2010 13:32

Repository Staff Only: item control page