ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK DI KABUPATEN KUDUS ( Studi Tentang Pengaruh Kemampuan Kerja,Iklim Organisasi dan Gaya Kepemimpinan )

SY AFRIL, SY AFRIL (2002) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK DI KABUPATEN KUDUS ( Studi Tentang Pengaruh Kemampuan Kerja,Iklim Organisasi dan Gaya Kepemimpinan ). Masters thesis, PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS DIPONEGORO .

[img]
Preview
PDF - Published Version
1940Kb

Abstract

RINGKASAN Kantor Pelayanan Pajak Kabupaten Kudus dalam. menyikapi peningkatan kualitas pelayanan perpajakan telah menempuh langkah-langkah reformasi manajeman, diantaranya dengan memangkas prosedur yang memperpanjang pelayanan, seperti perubahan stniktur. peningkatan sumberdaya manusia melalui diktat, serta peningkatan fasilitas yang cliperlukan guna kelancaran pelayanan kepada masyttrakat. I lal ini seperti perubahan struktur organisasi dengan mengaeu pada Keputusan Menteri Keuangan RI Nomor 443/KMK.01/2001. Peningkatan sumberdaya manusia melalui berbagai pendidikan dan latihan struktural maupun fungsional. • Proses perubahan paradigma pelayanan publik natnpaknya bukan masalah yang sederhana. Implementasi dari reformasi administrasi merupakan permasalahan yang komprehensif. Faktor-faktor seperti iklim organisasi, kemampuan kerja serta gaya kepemimpinan merupakan faktor penting yang perlu dikaji terutama berkaitan dengan peningkatan kualitas pelayanan publik. Basil analisis pengaruh antara kemampuan kerja dengan kualitas pelayanan menunjukkan bahwa terdapat koeffisien korelasi sebesar 0,757, Sedangkan pengaruh antara gaya kepemimpinan dengan kualitas pelayanan menunjukkan bahwa terdapat koeffisien korelasi sebesar 0,784, dan iklim organisasi dengan kualitas pelayanan menunjukkan bahwa terdapat koeffisien korelasi sebesar 0,711. Hasil korelasi tunggal ini telah membuktikan bahwa hipotesis tunggal dalam penelitian ini dapat diterima. Sedangkan pengaruh secant bersania-sania menunjukkan bahwa terdapat koellisien pengaruh ( 17-67,122, sig--95%) dengan koeffisien delerminasi ( R square) sebesar 0,776 atau 77,6%. HasiI ini telah memberikan gambaran ada pengaruh secara bersama-sama antara kemampuan, gaya kepemimpinan dan iklim organisasi terhadap kualitas pelayanan. Guna men ingkalkan kualitas pelayanan pada Kantor Pelayanan Pajak Kabupaten Kudus maka perlu diupayakan peningkatan kualitas sumberdaya manusia, iklim brganisasi serta dukungan kepemimpinan. ABSTRACT The aim of these surveys is to verify the influence of work ability, organization climate and leadership style on quality of care. Nowadays, quality of care in public sector has to be main interest. The main reason is that quality of care in public sector especially in Indonesia have fail to match the public interest. The study focused on statistical verification in order to generelize the research hypothesis. So, the design of the study is explanatory prespective. In order to verify those hyphotesis, the study has used product moment con•elation and linear regression and using 100 sampel in Kantor Pelayanan Pajak Kudus Regency. These research found that there is a positive and significant influence between work ability, organization climate and leadership style in quality care with significant level of 95%. These results have shown that those factors only predict 77,6% among the factor that have an influence on quality of care. The conclusion, even work ability, organization climate and leadership have an influence on quality of care, but the main problem of increasing the quality of care in public sector is due to political commitment of national government on empowering the human resource capacity.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Public Administration
ID Code:12981
Deposited By:Ms upt perpus3
Deposited On:02 Jun 2010 12:05
Last Modified:02 Jun 2010 12:05

Repository Staff Only: item control page