ANALISIS TERHADAP FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PROGRAM WAJIB BELAJAR SEMBILAN TAHUN DI DESA KEDUNGWARU KIDUL KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN DEMAK (Suatu Studi Pandangan Orang Tua tentang Nilai Anak, Persepsi Pendidikan, dan Kondisi Sosial Ekonomi terhadap Program Wajib Belajar Sembilan Tahun)

WURYANI, UMI (2002) ANALISIS TERHADAP FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PROGRAM WAJIB BELAJAR SEMBILAN TAHUN DI DESA KEDUNGWARU KIDUL KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN DEMAK (Suatu Studi Pandangan Orang Tua tentang Nilai Anak, Persepsi Pendidikan, dan Kondisi Sosial Ekonomi terhadap Program Wajib Belajar Sembilan Tahun). Masters thesis, PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS DIPONEGORO .

[img]
Preview
PDF - Published Version
3838Kb

Abstract

ABSTRAKSI UMI WURYANI. Analisis terhadap Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Program Wajib Belajar Sembilan Tahun di Desa Kedungwarukidul, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak. Magister Administrasi Publik. Universitas Diponegoro. 2002. II Kata Kunci : pendidikan, nilai anak, persepsi, kondisi sosial ekonomi Program Wajib Belajar Sembilan Tahun merupakan program pemerintah dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia. Program ini merupakan tanggung jawab seluruh komponen yang terkait, salah satunya adalah orang tua. Peran orang tua jelas amat besar dalam ikut andil menyukseskan program ini. Berdasarkan kenyataan program ini belum memenuhi hasil yang memuaskan. Oleh karena itu, program yang seharusnya selesai tahun 2004 akhimya diundur lagi sampai tahun 2008 untuk menuntaskannya. Kekurangberhasilan program ini juga terjadi di Desa Kedungwarikudul, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui pengaruh pandangan orang tua tentang nilai anak (X1), persepsi mereka tentang pendidikan (X2), dan kondisi sosial ekonomi (X3) terhadap Program Wajib Belajar Sembilan tahun (Y). Secara khusus adalah untuk mengetahui bagaimana gambaran dan pandangan orang tua tentang nilai anak dan bagaimana hubungannya dengan keberhasilan Program Wajib Belajar Sembilan Tahun, untuk mengetahui bagaimana persepsi orang tua tentang pendidikan dan bagaimana hubungannya dengan keberhasilan Program Wajib Belajar Sembilan Tahun, untuk mengetahui bagaimana kondisi sosial ekonomi orang tua dan bagaimana hubungannya dengan keberhasilan Program Wajib Belajar Sembilan Tahun. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah penyebaran angket, observasi, dan wawancara. Basil temuan dalam penelitian ini bahwa berdasarkan perhitungan dengan Rank Kendal's hubungan pandangan orang tua tentang nilai anak, persepsi tentang pendidikan, dan kondisi sosial ekonomi secara bersama-sama terhadap Program Wajib Belajar Sembilan Tahun diperoleh hasil 0,050. Berard ada hubungan positif antara Xl, X2, dan X3 terhadap Y atau semakin besar XI, X2, dan X3 akan semakin besar pengaruhnya terhadap Y, dan sebaliknya semakin kecil X 1 , X2, dan X3 semakin kecil pula pengaruhnya terhadap Y. ABSTRACT HMI VVURYANI. Analysis on Factors Influencing Nine Years Compulsory Education Program in Kedungwaru Kidul Village, Karangnyar Sub-district, Demak Regency. Masters of Public Administration. Diponegoro University. 2002. Keywords: education, the value of children, perception, social economic condition. Nine Years Compulsory Education is a government's program aimed at enhancing the quality of Indonesian manpower. This program is an obligation for all related stakeholders, including parents. Their role is significant for the success of this program. However, this program has not been as successful as it was expected. Therefore, the program completion year which was targeted in 2004 was rescheduled until 2008, including in Kedungwaru Kidul village, Karanganyar sub-district, Demak regency. This research was intended to know the influence of three factors covering parents view on the value of their children (X1), their perception on education (X2), and their social economic condition (X3) over this Nine Year Compulsory .Education 'Program (Y) in general: In particular it was intended to know the relation of each actor to the success of this Nine Year Compulsory Education. Data collection method 'employed were questionnaires, observation, and interview. The research findings, analyzed with Rank Kendall formula, show that the relatiour of the three,- variables covering the parents' view on the value of their children, their perception on:education,. and their social economic condition simultaneously over this Nine Year Compulsory Education Program was 0.050. It means that there were positive relations betweerr X2 and X3 to Y, or the greater XI, X2 and X3 are the greater a/so-their relations- to Y, and vice versa.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Public Administration
ID Code:12967
Deposited By:Ms upt perpus3
Deposited On:02 Jun 2010 12:00
Last Modified:02 Jun 2010 12:00

Repository Staff Only: item control page