HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN KOMPETENSI INTERPERSONAL PADA PENGURUS UNIT KEGIATAN MAHASISWA UNIVERSITAS DIPONEGORO (UKM Undip)

HARTANTI, HARTANTI (2006) HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN KOMPETENSI INTERPERSONAL PADA PENGURUS UNIT KEGIATAN MAHASISWA UNIVERSITAS DIPONEGORO (UKM Undip). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
66Kb

Abstract

ABSTRAKSI Mahasiswa sebagai makhluk sosial akan senantiasa berhubungan dengan orang lain, agar dapat menjalin hubungan interpersonal secara efektif diperlukan adanya kompetensi interpersonal atau kemampuan untuk menjalin hubungan interpersonal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dengan kompetensi interpersonal pada pengurus UKM Undip. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat hubungan positif antara konsep diri dengan kompetensi interpersonal pada pengurus Unit Kegiatan Mahasiswa Universitas Diponegoro (UKM Undip). Semakin positif konsep diri yang dimiliki pengurus UKM Undip, maka semakin tinggi kompetensi interpersonal yang dimiliki, sebaliknya semakin negatif konsep diri pengurus UKM Undip, maka makin rendah kompetensi interpersonal yang dimiliki. Subjek penelitian ini adalah pengurus UKM Undip. Subjek diambil dengan teknik proporsional random sampling dengan berpedoman pada nomogram Harry King dengan tingkat kepercayaan 95% yaitu 119 pengurus UKM Undip yakni 40% dari 297 pengurus UKM Undip. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan skala konsep diri dan skala kompetensi interpersonal yang disusun oleh peneliti. Hasil uji coba menunjukkan skala konsep diri yang terdiri atas 28 aitem dengan α = 0,9080 dan skala kompetensi interpersonal yang terdiri dari 31 aitem dengan α=0,9074. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara konsep diri dengan kompetensi interpersonal pengurus UKM Undip (rxy=0,572 dengan p<0,05), artinya hipotesis yang menyatakan ada hubungan positif antara konsep diri dengan kompetensi interpersonal pengurus UKM Undip terbukti. Hubungan tersebut menunjukkan bahwa semakin tinggi konsep diri maka akan semakin tinggi pula kompetensi interpersonal pada pengurus UKM Undip, begitu juga sebaliknya. Efektifitas konsep diri terhadap kompetensi interpersonal adalah 0,327, angka tersebut mengandung arti bahwa kompetensi interpersonal pengurus UKM Undip sebanyak 32,7% ditentukan oleh konsep diri dan sisanya sebesar 67,3% ditentukan faktor lain yang tidak diungkap dalam penelitian ini. Kata kunci: konsep diri, kompetensi interpersonal dan pengurus UKM Undip.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:12961
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:02 Jun 2010 11:22
Last Modified:02 Jun 2010 11:22

Repository Staff Only: item control page