PENGARUH WAKTU TINGGAL AIR LIMBAH TAHU DALAM BAK TANPA ENCENG GONDOK DAN BAK DENGAN ENCENG GONDOK TERHADAP PENURUNAN “BIOLOGICAL OXYGEN DEMAND” (BOD) DAN PERUBAHAN DERAJAT KEASAMAN (PH)

SIWI L , LUSINA (1994) PENGARUH WAKTU TINGGAL AIR LIMBAH TAHU DALAM BAK TANPA ENCENG GONDOK DAN BAK DENGAN ENCENG GONDOK TERHADAP PENURUNAN “BIOLOGICAL OXYGEN DEMAND” (BOD) DAN PERUBAHAN DERAJAT KEASAMAN (PH). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
26Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Penelitian ini menggunakan bak segi empat dengan ukuran p=40, l=30, t=40, sedangkan tanaman air yang dipakai adalah enceng gondok (Eichornia crassipes). Salah satu faktor yang diperhatikan pada penelitian ini adalah interval waktu tinggal air limbah tahu dalam bak (2,4 dan 6 hari) kemudian dianalisa sesuai dengan parameter yang akan diukur (BOD5,20 DAN PH) Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada penurunan BOD5,20 air limbah tahu yang lebih besar pada bak dengan enceng gondok dibanding dengan bak tanpa enceng gondok. Semakin lama waktu tinggal air limbah tahu dalam bak dengan enceng gondok, semakin besar pula penurunan BOD5,20 air limbah tahu maksimal 60,34% terjadi dalam bak dengan enceng gondok yang mempunyai waktu tinggal 6 hari. Terjadi kenaikan nilai PH pada bak dengan enceng gondok dari PH asam menjadi normal, sedang pada bak tanpa enceng gondok tidak terjadi perubahan PH. Kata Kunci: ENCENG GONDOK

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:12944
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:02 Jun 2010 10:42
Last Modified:02 Jun 2010 10:42

Repository Staff Only: item control page