PENGARUH SIKAP SKEPTIS ANAK-ANAK TERHADAP IKLAN DAN PENGETAHUAN ANAK TENTANG SUATU PRODUK TERHADAP PERAN MEREKA PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN DALAM KELUARGA

Susilowati , Bernadetha Dwi Endah (2000) PENGARUH SIKAP SKEPTIS ANAK-ANAK TERHADAP IKLAN DAN PENGETAHUAN ANAK TENTANG SUATU PRODUK TERHADAP PERAN MEREKA PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN DALAM KELUARGA. Masters thesis, Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
2400Kb

Abstract

One of the important tasks on marketing management is to understand the customer's behavior from the market share base on the marketing concept. Children are one of the big market shares. Understanding how is the children behavior toward advertisement is quite interesting as this is related to children's role as influencer in buying decision on a family. This study was aimed to analyze the relation between the children's skepticism on advertisement and knowledge of children about product toward buying decision in a family. Respondent of this study were 100 students of elementary school at Semarang Municipality ranging from 9 up to 12 years old. Structural Equation Model (SEM) that is operated with AMOS program is used .to examine hypothesis proposed in this study. Feasibility test has done with goodness of fit and regression weight criteria. The result of this feasibility test show that model of the study has fitted the requirement, while result of the weight regression show, that there is a positive relation between skepticism that is formed on the children toward advertisement and their knowledge about product toward buying decision on a family. From the study, we will know that communication type of concept-oriented, information and normative influence from peers and television are forming factors or children skepticism, while socio-oriented type and magazine can not be proven as forming factors of children skepticism. Salah satu tugas penting dari manajemen pemasaran adalah memahami perilaku rnembeli dari suatu pasar sasaran berdasarkan konsep pemasaran. Salah satu pasar sasaran yang cukup besar adalah anak-anak. Memahami bagaimana sikap seorang anak terhadap suatu iklan tentunya cukup menarik karena hal ini berkaitan dengan peran seorang anak sebagai influencer dalam keputusan pembelian keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana hubungan sikap skeptis anak-anak terhadap iklan dan pengetahuan seorang anak tentang produk terhadap keputusan pembelian keluarga. Responden dalam penelitian ini adalah murid-murid sekolah dasar di Kotamadia Semarang yang berusia 9-12 tahun sebanyak 100 responden. Untuk menguji hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini, digunakan alat analisis Structural Equation Model (SEM) yang dioperasikan dengan program AMOS. Uji kelayakan dilakukan dengan menggunakan kriteria goodness of fit dan regression weight. Hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa model dalam penelitian ini sudah mernenuhi ketentuan, sedangkan basil regression weight menunjukkan bahwa ada hubungan positip antara sikap skeptis yang terbentuk pada din seorang anak terhadap iklan dan pengetahuan mereka tentang produk terhadap keputusan pembelian keluarga. Dan penelitian yang dilakukan temyata bahwa tipe komunikasi concept-oriented, pengaruh informasi dan normatif dari teman dan televisi merupakan faktor pembentuk sikap skeptis seorang anak, sedangkan tipe socio-oriented dan majalah tidak terbukti membentuk sikap skeptis seorang anak.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Management
ID Code:12897
Deposited By:Mr UPT Perpus 5
Deposited On:02 Jun 2010 07:22
Last Modified:02 Jun 2010 07:22

Repository Staff Only: item control page