HUBUNGAN ANTARA FAKTOR-FAKTOR INDIVIDU DAN TUGAS JABATAN TERHADAP TIMBULNYA PSIKOPATOLOGI PROFIL KEPRIBADIAN ANGGOTA KORPS WANITA ANGKATAN DARAT . (KOWAD ) KODAM IV/ DIPONEGORO

HASSAN, NOVRY RENY (2005) HUBUNGAN ANTARA FAKTOR-FAKTOR INDIVIDU DAN TUGAS JABATAN TERHADAP TIMBULNYA PSIKOPATOLOGI PROFIL KEPRIBADIAN ANGGOTA KORPS WANITA ANGKATAN DARAT . (KOWAD ) KODAM IV/ DIPONEGORO. Masters thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
2288Kb

Abstract

Latar Belakang permasalahan : Korps Wanita rnerupakan profeSi yang sangat erat hubungannya dengan hakekat kehidupan manusia seutuhnya baik dimasa damai, darurat maupun dimasa perang, dengan demikian KOWAD seharusnya bukan hanya mengandalkan kekuatan fisik , akan tetapi juga segi kepribadian ( afektif, perilaku, hubungan sosial dan interpersonal ) . Kernampuan dan kualitas anggota KOWAD yang tinggi ditentukan oleh tingkat kesehatan fisik dan mental Sal ah satu cara pemeriksaan yang dilakukan untuk menentukan kemungkinan adanya psikopatologi profil kepribadian secara dini pada anggota TNI dengan menggunakan MMPI. MMPI digunakan untuk membantu klinisi mendapatkn gambaran yang akurat tentang bagaimana dimensikepribadian seseorang , sebagai penunjang diagnosis klinic Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui apakah ada peranan faktor- faktor individu dan tugas jabatan yang berperan terhadap timbulnya psikopatologi profil kepribadian pada anggota KOWAD. Serta untuk mengetahui secara dini apakah terdapat profit kepribadian risiko tinggi pada anggota KOWAD_ Metode Penelitian : 70 anggota KOWAD segarnisum KODAM IV / DIP dikumpulkan pada saat Corps Call dan dlakukan pemeriksaan MMPI-2_ Setelah pengisian MMPI-2 dilakukan wawancara terhadap responden_. Hasil : Dari 70 anggota yang mengisi kuesioner MMPI-2 60 kuesioner dapat diinterpretasi hasilnya secara diskriptit_ Setelah itu dilakukan Chi Square Iidak clidapatkan Perbedam &meek:Ina anima faktor- faktor individu dan Imps jabalan terhadap timbulnya psikopatologi profil kepribadian. Untuk uji statistik skala klinis, skala konten dan skala suplemen didapatkan hasil skala supkmen OH (p=0,00I) dan Re (p.49,000 behnhumenbeemakna terbadap faktor pangkat Skala konten fobia (p=0,016), skala suplemen OH (p=0,003)dan Re (p=0,00010 bedmthartgan bermakna tethadap faktor jahatan Skala konten sinis (p=0,027) dan. skala suplemen OH (p=0,034) berhuhangan bennakem tethadap Skier satuantagas_Skala suplemea OR (p=0,041) behubungan bermAna terhadap fitktor usia. Skala suplemen Re (p=0,004) berlimbungan bermakana terhadap Skala suplemen Re (p= 0,003) behubungan bermakna terhadap jumlah pendidikan dasar militer responden. Kesimpulan : Pada penelitian ini didapatkan hubungan bermakna faktor —faktor individu dan tugas jabatan ( pangkat, jabatan , satuan tugas, usia, pendidikan umum dan pendidikan dasar militer ) terhadap skala konten sinis dan lobia serta skala suplemen OH dan Re.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Biomedical Science
ID Code:12742
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:01 Jun 2010 14:06
Last Modified:01 Jun 2010 14:06

Repository Staff Only: item control page