ANALISA KARAKTERISTIK TARIKAN PERJALANAN PENGUNJUNG OBYEK PARIWISATA (Studi Kasus : Obyek Pariwisata Situs Ratu Boko Yogyakarta )

Masrianto, Masrianto (2004) ANALISA KARAKTERISTIK TARIKAN PERJALANAN PENGUNJUNG OBYEK PARIWISATA (Studi Kasus : Obyek Pariwisata Situs Ratu Boko Yogyakarta ). Masters thesis, Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
8Mb

Abstract

Dalam rangka mengembangkan industri pariwisata di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Beberapa obyek pariwisata seperti Istana Ratu Boko perlu diperbaiki dan dipugar yang pada saat ini kondisinya masih memprihatinkan, sehingga diperlukan studi pengembangan dan perbailcan fasilitas pelayanan baik dalam obyek pariwisata itu sendiri maupun fasilitas kepariwisataan lainnya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui karakteristilc tarikan pergerakan terhadap pengunjung obyek pariwisata Istana Ratu Boko yang dipengaruhi oleh beberapa karalcteristik zona asal pengunjung pariwisata dan karalcteristilc pengunjung itu sendiri. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran pengembangan pelayanan pada obyek pariwisata Istana Ratu Boko. Pada penelitian ini dipergunakan parameter-parameter tarikan pergerakan pada obyek pariwisata pada umumnya, yaitu variabel-variabel yang menunjukkan karalcteristilc pengunjung yang mempengaruhi tarikan pada obyek pariwisata Istana Ratu Boko. Model yang digunakan untuk menganalisis adalah model kategori yang dipergunakan untuk menghitung rata-rata tingkat tarikan pergerakan dan model regresi untuk mengetahui hubungan yang kuat antara variabel tidak bebas jumlah pengunjung dengan variabel-variabel bebas yang digunakan. Dan hasil survai yang dilakukan, diperoleh data-data bahwa pf6sentase jumlah pengunjung dari dalam negeri ( Wisatawan Nusantara ) 95% dan pengunjung dari luar negeri 5%. Sebagian besar wisatawan nusantara berasal dari Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta yang berjarak tempat tinggal antara 25 km sampai dengan 50km, status pengunjung pelajar / mahasiswa sarjana Si dengan tujuan berekreasi. Dari analisis statistik dengan model regresi diperoleh basil bahwa variabel-variabel bebas yang digunakan untuk perhitungan analisis regresi bereganda yaitu : (a) Tujuan kedatangan untuk berelcreasi, status pengunjung adalah pelajar/mahasiswa, (b) Penghasilan Rp.500.000 sampai Rp.750.000. (c) Tingkat pendidikan satjana Si. (d) Daerah asal Jawa tengah atau DIY. (e) Jarak tempat tinggal antara 25 km sampai 50 km Ternyata semua mempunyai hubungan sangat kuat dengan variabel tidak bebas jumlah wisatawan yang berkunjung ke obyek wisata Istana Ratu Boko atau mempunyai nilai korelasi R yang cukup besar, yaitu antara 0,942 sampai dengan 0,982 . Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa tarikan pergerakan sangat dipengaruhi oleh tempat rekreasi, dimana sebagian besar pengunjung berasal dari Jawa Tengah / DIY dengan jarak tempat tinggal 25 km sampai 50 km. Hal ini berarti bahwa obyek pariwisata tersebut belum banyak dikenal secara meluas. Agar obyek taman pariwisata Ratu Boko tersebut lebih menarilc, disarankan adanya perbaikan kondisi dan melengkapi pelayanan kepariwisataan sesuai dengan kebutuhan Pasar.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
ID Code:12726
Deposited By:Mr UPT Perpus 1
Deposited On:01 Jun 2010 13:49
Last Modified:01 Jun 2010 13:49

Repository Staff Only: item control page