EFFENDI, MOCHAMMAD (2002) PENGARUH PENDIDIKAN, KOMUNIKASI DAN MOTIVASI TERHADAP PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMBANGUNAN DI KEPULAUAN KARIMUNJAWA KABUPATEN JEPARA. Masters thesis, PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS DIPONEGORO .
| PDF - Published Version 3423Kb |
Abstract
RINGKASAN DAN ABSTRAK A.1. RINGKASAN Berdasarkan hasil data selcunder yang dimiliki wilayah Kecamatan Karimunjawa Kabupaten Jepara diperoleh data bahwa pembangunan di Kepulauan Karimunjawa berada dalam keadaan yang berbeda dengan wilayah Kecamatan-kecamatan yang lain di Kabupaten Jepara. Dengan perbedaan tersebut penulis mengambil beberapa faktor yang mempengaruhi dan erat sekali dengan permasalahan yang ada dari sekian banyak faktor yang munglcin mempengaruhi, khususnya yang sangat erat berpengaruh pada pembangunan di wilayah tersebut. Penyebab-penyebab utama yang berkaitan erat dengan keterlambatan pembangunan yaitu faktor pendidikan, komunkasi dan motivasi masyarakat yang mempengaruhi dari partisipasi masyarakat dalam pembangunan. Dari faktor-falctor tersebut maka selanjutnya penults mengambil judul penelitian " Pengaruh Pendidilcan, Komunikasi dan Motivasi terhadap Partisipasi Masyaralcat Dalam Pembangunan di Kepulauan Karimunjawa Kabupaten Jepara". Bertitik berat dari judul diatas maka penults mencoba merterapkan teori-teori yang ada kaitannya dengan faktor-faktor tersebut, selanjutnya diperoleh konsep-konsep yang menjelaskan faktor dimaksud. Dari hasil konsep tersebut penults berusaha mengetahui ada / tidalcnya hubungan konsep tadi dengan falctor yang dipengaruhi yaitu Partisipasi. Kemudian dengan dasar teori, konsep serta keterkaitan antara falctor / variabel dimaksud, alchimya penulis merumuskan hipotesis-hipotesis yang selanjutnya merupalcan dRsar penelitian. Adapun hipotesisnya adalah " Ada Pengaruh Pendidikan, Komunikasi dan Motivasi terhadap Partisipasi masyarakat dalam Pembangunan". Langkah berikutnya segera menentukan dari variabel-variabel tersebut indikator-indikator yang dapat diukur. Indikator dari masing-masing variabel segera dirumuskan dalam kuesener sebagai bahan pengukuran di lapangan. Untulc memperoleh data dukungan yang jelas dalam penelitian digunakan pertanyaan-pertanyaan yang harus dijawab oleh responden. Sebagai sampel adalah pendudulc yang ber KK di Pulau Karimunjawa mengingat sifat dan karalcteristik masyarakat di tiga Pulau (Karimunjawa, Parang dan Kemojan) hampir homogen. Responden yang diambil sebanyak 70 (Tujuh Puluh) kepala keluarga (KK). Setelah diadalcan penelitian di lapangan penults selanjutnya mengadakan pengolahan data, dan selanjutnya menganalisa data dari masing-masing variabel. Dari data tersebut dicari hubungan dari variabel independen pendidikan, komunikasi dan motivasi dengan variabel dependen (Partisipasi). Temyata dari analisa diperoleh masing-masing variabel independen benar-benar sangat berpengaruh pada variabel dependen, dengan menggunakan rumus yang dipakai yaitu Rank Kendall's dan didulcung pembuktian. Kemudian selanjutnya dengan pembuktian melalui analisa ketiga variabel independen tersebut berpengaruh pada variabel dependen atau tidak. Temyata dari analisa pembuktian diperoleh dulcungan. Dari kondisi diatas dapat diperoleh bahwa ada pengaruh Pendidikan, Komunilcasi dan Motivasi terhadap Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan.Dengan demikian ada hubungan yang signifikan variabel tersebut maka hipotesis adalah benar. A.2. ABSTRAK Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan keadaan yang berkaitan adanya perbedaan hasil pembangunan antara di Kecamatan Karimunjawa dengan Kecamatan yang lain di wilayah Kabupaten Jepara. Problem yang ada di Kecamatan Karimunjawa yaitu rendahnya partisipasi masyarakat dalam pembangunan yang dipengaruhi oleh faktor pendidikan, komunikasi dan motivasi, walaupun faktor yang lain juga ada pengaruh, tetapi tidak begitu besar nilainya. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : 1. Mengadakan identifikasi permasalahan. 2. Menganalisa data yang diperoleh, yang berkaitan dengan variabel melalui teori-teori yang mendukung dengan variabel yang diteliti, kemudian menentukan konsep dari masing-masing variabel, kemudian dari hasil konsep tersebut dibuat indikator-indikatornya. 3. Menentukan hipotesisnya yaitu adanya pengaruh pendidikan, komunikasi dan motivasi terhadap partisipasi masyarakat dalam pembangunan. 4. Mengadakan pengumpulan data yang diperoleh melalui kuesioner, yang diolah dari responden penduduk sampel di Pulau Karimunjawa. 5. Menganalisa dan membuat interprestasi dari hasil-hasil data untuk dikelompok-kelompokkan sebagai materi untuk diolah lebih lanjut. 6. Membuat generalisasi data, mengadakan pembuktian dan mengkaitkan dengan hipotesis yang diajukan Dari hasil penelitian diperoleh bahwa ada pengaruh yang signifikan dari variabel pendidikan, komunikasi dan motivasi terhadap partisipasi masyarakat dalam pembangunan di Karimunjawa. Berdasarkan dari hasil penelitian tersebut dapat ditunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan adalah benar. A.3. ABSTRACT THIS Reasearch was done based on the condition that there is a significant differences on the development between Karimunjawa Sub district and other sub districts in Jepara regency. Problem arised at Karimunjawa Sub district is the low participation of the people of Karimunjawa Sub district on development activity because of the influence of education, communication an motivation. Methodology used in this research is : 1. The identification of problems 2. The determination of the data that support the variables ( theories, concepts and indicators ) 3. Determining, hypothesis, that education, communication and motivation will influence people participation. 4. Primary collection of data from respondent in sample area ( Karimunjawa Island ) 5. Analyzing and making an interpretation from data that had been collected 6. Making generalization, conclusion and suggestion 7. Making report. The result of the research showed that there is a significant influence of education communication and motivation on people participation to development activity in Karimunjawa. Based on the result of this research can be concluded that hypothesis made in this research is true.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Administration Science |
ID Code: | 12635 |
Deposited By: | Ms upt perpus3 |
Deposited On: | 01 Jun 2010 21:36 |
Last Modified: | 01 Jun 2010 21:36 |
Repository Staff Only: item control page