SUPRAPTO, SUPRAPTO (2002) PENGARUH PENGAWASAN, PERSEPSI GURU TENTANG KENAIKAN PANGKAT SISTEM ANGKA KREDIT, DAN IKLIM KERJA TERHADAP SEMANGAT KERJA GURU SLTP NEGERI DI KOTA SEMARANG. Masters thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro.
| PDF - Published Version 5Mb |
Abstract
This research tries to analyze how the teacher work spirit of Junior High Scool of Semarang in carrying out their duty which is in line of semarang in carrying out their duty which is in line with some factors that influence them such as observation, and teacher's perception on job's promotion using credit system in work atmosphere. In this research, based on the opinion excerpting from Ibrahim Indrawijaya, Sp, Siagian, Robbins and Stan Kossen, the writer identified that the level of teacher spirit is influenced by three factors : Supervision, Teacher's perception on job's promotion using credit system and work atmosphere, where those three factors are the integral part of Human Resaurcees Management in an organization. The method that is used in this research is case study using quntity and quality analisis based on documen data, direct observation, questionare and intensive interview to ward teachers of public junior high scool in Semarang, and toward competent institutions, according to the list of questions which is proposed in this research. Generally the of this research shows that teachers work spirit in carrying out their duty is not High or Average. The analysis of variable which is indentified influence teachers work spirit shows that supervision and work atmosphere variable have significant influence on teacher work spirit. Mean while, teacher perception variable about job's promotion using credit system, does not significantly influence toward teacher work spirit in carrying out teaching proses. Penelitian ini berusaha untuk menganalisis bagaimana semangat kerja guru SLTP Negeri di Kota Semarang dalam menjalankan tugasnya, dalam hubungannya dengan faktor-faktor yang mempengaruhinya, yaitu pengawasan, persepsi guru tentang kenaikan pangkat sistem angka kredit dalam iklim kerja. Dalam penelitian ini, berdasarkan pengadopsian pendapat dari Adam Ibrahim Indrawijaya, SP. Siagian, Robbins dan Stan Kossen, penulis mengindentifikasi bahwa tingkat semangat guru tersebut sangat dipengaruhi oleh 3 (tiga) faktor yakni pengawasan, persepsi guru tentang kenaikan pangkat sistem angka kredit, dan iklim kerja, dimana ketiga faktor tersebut adalah merupakan bagian integral dari sumber daya manajemen dalam suatu organisasi. Metode penelitian yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah, Studi kasus dengan teknik analisis deskriptif-kualitatif dan kuantitatif, berdasar data dokumen, obserfasi atau pengamatan langsung, koesioner dan wawancara mendalam terhadap para guru pada SLTP Negeri di Kota Semarang, dan pihak-pihak yang berkompeten, sesuai dengan item-item (daftar pertanyaan) yang diajukan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum semangat kerja guru dalam melaksanakan tugas belum begitu tinggi atau dapat dikatakan cukup. Analisis terhadap variabel yang diidentifikasi berpengaruh terhadap semangat kerja guru menunjukkan bahwa variabel pengawasan dan variabel iklim kerja mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap semangat kerja guru. Sedangkan variabel persepsi guru tentang kenaikan pangkat sistem angka kredit, berpengaruh tidal( signifikan terhadap semangat kerja guru dalam tugasnya proses belajar mengajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Administration Science |
ID Code: | 12451 |
Deposited By: | Mr UPT Perpus 2 |
Deposited On: | 31 May 2010 13:02 |
Last Modified: | 31 May 2010 13:02 |
Repository Staff Only: item control page