LOKASI OPTIMAL PEMBANGUNAN PASAR DI KOTA LAHAT BERDASARKAN KAJIAN FAKTOR-FAKTOR LOKASI PENENTU PASAR

SYAHMORA, ABI (2004) LOKASI OPTIMAL PEMBANGUNAN PASAR DI KOTA LAHAT BERDASARKAN KAJIAN FAKTOR-FAKTOR LOKASI PENENTU PASAR. Masters thesis, PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS DIPONEGORO .

[img]
Preview
PDF - Published Version
3930Kb

Abstract

ABSTRAK Pemerintah Kabupaten Lahat, dalam rangka mengakomodasi kebutuhan masyarakat khususnya di sektor perdagangan telah mengeluarkan kebijakan untuk membangun sebuah pasar yang bane di Kota Lahat. Pembangunan pasar merupakan salah soul jenis penggunaan lahan yang mempttnyai daya tarik yang cukup besar bagi masyarakat karena erat kaitannya dengan proses pemenuhan kebutuhan harian mereka. Pasar yang akan dibangun tersebut sangat membutuhkan lokasi yang optimal apabila melihat fungsi dan perannya yang penting sebagai salah satu komponen pelayanan kota. Permasalahan penentuan lokasi pasar merupakan permasalahan yang kompleks yang menyangkut kepentingan beberapa pihak, yaitu pihak pengguna pasar dan pihak Pemerintah Kabupaten. Keberadaan pasar yang akan dibangun hams dapat diterima clan memenuhi kepentingan semua pihak di alas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis lokasi optimal pembangunan pasar di Kota Lahat berdasarkan kaftan faktorfaktor lokasi penentu pasar menurut preferensi pengguna pasar dan pihak Pemerintah Kabupaten. Faktor-jaktor lokasi penentu pasar ditentukan berdasarkan hasil Analisis Skoring terhadap kuesioner yang disebarkan kepada responden di alas. Faktor-faktor lokasi penentu pasar tersebut merupakan kriteria yang akan mengisi hirarki kedua dalam Proses Hirarki Analitik dalam penentuan lokasi optimal pembangunan pasar di Kota Lahat. Alternalif lokasi penentuan lokasi pembangunan pasar ditentukan berdasarkan host! Analisis Deskri terhadap RTRK (Rencana Tata Ruang Kota) dan observasi terhadap karakteristikcalon lokasi. Lokasi optimal pembangunan pasar ditentukan berdasarkan hasil Proses Hirarki Analitik (PHA). Perbandingan antar alternatif lokasi dalam setiap kriteria yang bertujuan untuk mengetahui urutan prioritas lokasi optimal pembangunan pasar didapatkan berdasarkan hasil kuesioner terhadap para responden. Urutan prioritas kriteria/faktor lokasi penentu pasar di Kota Lahat yang didapatkan dari hasil Analisis Skoring adalah sebagai berikut: kriteria dekat dengan pemukiman penduduk, kriteria ketersediaan lahan termasuk luasannya, kriteria jaringan felon ke lokasi, kriteria kesesuaian dengan Rencana Tata Ruang Kota Lahat, kriteria daerah bebas banjir, kriteria kepadatan penduduk, kriteria ketersediaan alai angkutan/transportasi, kriteria topografi dengan tingkat kemiringan rendah dan kriteria sarana pembuangan limbah. Urulan prioritas alternatif lokasi pembangunan pasar di Kota Lahat menurut masing-masing responden berdasarkan hasil Proses Hirarki Analitik adalah sebagai berikut; n Responden konsumen; lokasi 3, lokasi I, lokasi 2, • Responden pedagang; lokasi 3, lokasi I, lokasi 2, • Responden pejabat instansi pemerintah; lokasi 3, lokasi I, lokasi 2. Lokasi optimal pembangunan pasar di Kota Lahat berdasarkan hasil analisis di alas adalah lokasi 3 yang terletak di Kelurahan Bandar Agung. Arah perkembangan kola yang cenderung Ice kawasan tersebut mengalcibatkan perkembangan permukiman yang pesat di kawasan itu. Keberadaan lokasi ketiga yang dekat dengan permukiman penduduk menjadikannya memiliki karakteristik sebagai lokasi yang dekat dengan pembeli/pengguna pasar. Pembangunan pasar di lokasi tersebut hams didukung dengan strategi pengembangan dan pemasaran yang balk sehingga diharapkan dapat mengatasi permasalahan penyebaran distribusi pelayanan pasar dan mengurangi beban pusat kota dalam menampung kegiatan perkotaan. Kato Kum./ : pasar, lokasi, optimal. ABSTRACT The Government of Lahat Regency, in order to accomodate society's needs especially in trade sector has realeased a policy to build a new market in Lahat City. The market development is one kind of the land use which has a strong appeal for the society because it is related closely with their daily need fulfilment process. The market that will be built really needs an optimal location if we realize its important function as one of the city service components. The market location determination problem is a complex problem which is related with several parties needs, they are market users and the Local Government. The market existence that will be built should be received and shouldfielfil the need of the all parties above. The purpose of this research is to analyze the market development optimal location in Lahat City bases on the study of the market decisive location factors according to the preference of market users and Local Government. The Market decisive location factors are determined base on The Scoring Analysis Result of the questionnaire that are spreaded to all respondents above. The market decisive location factors are the criterion that will fill the second hierarchy in Analytical Hierarchy Process in the determination of the market development optimal location in Lahat City. The location alternatives are determined base on The Descriptive Analysis Result of the Urban Land Use Planning and the observation result of the location alternatives's characteristics. The market development optimal location is determined bases on the result of the Analytical Hierarchy Process. The comparison among location alternatives in each criteria that intends to know the market development optimal location priority sequence is gotten bases on the questionnaire result of the respondents. Criterion priority sequences/market decisive location factors in Lahat City that are gotten from The Scoring Analysis Remelt are: near by population settlement criteria, land availability including its width criteria, highway network to the location criteria, suitability with Lahat Urban Land Use Planning criteria, free of flood area criteria, population density criteria, availability of urban transportation criteria, topography with small slope criteria and sewerage disposal facility criteria. Priority sequences of the market development location alternatives according to each respondent base on the Analytical Hierarchy Process Result are: n Consumer respondent; location 3, location I and location 2, n Merchant respondent; location 3, location 1 and location 2, • Government official respondent; location 3, location I and location 2. The market development optimal location in Lahat City bases on the analysis results above is location 3 that is located in Bandar Agung. Urban development drift which tends toward that area causes the rapid settlement development. The third location existence that is near by population settlement makes it has characteristics as a location that is near by the buyers/market users. The market development in that location must be supported by a good marketing and development strategy so that it is hoped can solve the market service distribution spreading problem and reduce central business district load in accomodating urban activities. Key words : market, location, optimal.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Urban and Regional Planning
ID Code:12410
Deposited By:Ms upt perpus3
Deposited On:31 May 2010 09:52
Last Modified:31 May 2010 09:52

Repository Staff Only: item control page