TARIKAN PERJALANAN DAN PENGARUH PARKIR DI RUANG JALAN TERHADAP KAPASITAS JALAN (STUDI KASUS PUSAT PERDAGANGAN MEUBEL DI RUAS JALAN RAYA TAHUNAN KOTA JEPARA)

BACHTIAR, ARY (2004) TARIKAN PERJALANAN DAN PENGARUH PARKIR DI RUANG JALAN TERHADAP KAPASITAS JALAN (STUDI KASUS PUSAT PERDAGANGAN MEUBEL DI RUAS JALAN RAYA TAHUNAN KOTA JEPARA). Masters thesis, PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS DIPONEGORO .

[img]
Preview
PDF - Published Version
4Mb

Abstract

ABSTRAK Jalan raya Tahunan merupakan salah satu jalan utama di Jepara dengan fungsi kolektor primer dimana kedua sisi jalan menjadi pusat industri, perdagangan dan jasa muebel yang intensitas kegiatannya cukup tinggi. Permasalahan timbul karena munculnya kegiatan-kegiatan produktif yang mengisi ruang di sepanjang jalan tersebut menimbulkan dampak terhadap sistem pergerakan dalam bentuk munculnya pergerakan lokal dan gangguan samping berupa kegiatan perparkiran di badan jalan (on-street parking). Sementara, di sisi lain, koridor ini merupakan kawasan strategis perkembangan wilayah perkotaan Jepara dan memiliki peran yang penting untuk melayani interaksi kegiatan antara Kota Jepara dengan kota-kota di kawasan pantai utara. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mengkaji pengaruh pusat industri dan perdagangan muebel di ruas jalan raya Tahunan terhadap lalu lintas berupa tarikan perjalanan dan pengaruh parkir di rifting jalan terhadap kapasitas jalan. Sedangkan sasarannya adalah menganalisa tarikan perjalanan, menganalisa pergerakan lalu lintas di ruas jalan raya Tahunan, menganalisa pengaruh parkir di ruang jalan terhadap kapasitas jalan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi lapangan, yaitu melakukan identifikasi guna lahan yang di sisi jalan raya Tahunan, rnengidentifikasi dan wawancara terhadap pengunjung, dan mengidentifikasi moda angkutan yang parkir di ruang jalan. Dart identifikasi ini diperoleh jenis aktifitas guna lahan, karakteristik tarikan perjalanan, dan lebar efektif jalan. Pada waktu yang sama juga dilakukan penghitungan volume lalu lintas dan kapasitas jalan. Dengan menggunakan analisis kapasitas jalan dengan kondisi ruang jalan digunakan untuk parkir dan analisis kapasitas apabila parkir di ruang jalan ditiadakan diperoleh pengurangan besaran kapasitas (C). Sebagai langkah yang terakhir adalah menarik kesimpulan dan memberikan rekomendasi berdasarkan basil studi yang dilakukan di alas yang sekaligus sebagi output dart basil studi ini. Dart analisis, dapat ditarik kesimpulan bahwa industri dan perdagangan muebel di jalan raya Tahunan (baik yang beroerintasi ekspor, lokal maupun kerajinan) berkembang pesat dan menjadi sentra perdagangan mebel di Jepara disebabkan oleh lokasinya yang strategis yaitu berada di sepanjang koridor jalan yang merupakan pintu gerbang menuju kota Jepara menjadikan kawasan tersebut memiliki tingkat aksesibiltas yang tinggi terhadap prasarana dan sarana transportasi disertai adanya peluang yang baik untuk kegiatan ekonomi (economical opportunity). Implikasi dart aktifitas tersebut adalah bangkitnya perjalanan kunjungan (30,71 % pengunjungdi perdagangan meubel lokal) dan tidak adanya lokasi parkir menjadikan ruang jalan untuk kegiatan parkir(65% pengunjung menggunakan mobil). Parkir di kedua sisi jalan tersebut mempunyai pengaruh yang cukup signifikan terhadap penurunan kapasitas jalan (C) sebesar 32,67 % atau 844,57 smp/jam dan peningkatan derajat kejenuhan (degree of saturation) 0,23. Pemecahan permasalahan lalu lintas di ruas jalan raya Tahunan dalam memberikan pelayanan transportasi yang efektif dan efisien yang dapat mendukung aktivitas masyarakat baik di pusat industri dan perdagangan meubel maupun masyarakat pengguna jalan raya Tahunan yang lain sub', dilakukan. Hal ini disebabkan pada was jalan raya Tahunan pendekatan supply driven sudah tidak dapat dikembangkan lagi, artinya tingkat kejenuhan pada jam sibuk (peak hour) tidak bisa ditingkatkan dengan pelebaran jalan atau peningkatan kapasitas jalan. Bentuk-bentuk penanganan tidak dapat dilakukan secara parsial akan tetapi dilakukan secara terintegrasi dan terencana secara sistematis dengan mempertimbangkan berbagai aspek yang terlibat didalamnya baik pengaturan lalu lintas maupun pengembangan sistem jaringan jalan. ABSTRACT Tahunan roadway represent one of the main mad in Jepara with primary collector function where both road sides become industrial estate, service and commerce of muebel which is its high activity intensity enough. Problems arising from productive activities appearance which fill room alongside the road generate impact to movement system in the form of local movement appearance and trouble from other side in the form of activity of parking on street. Whereas, on the other side, this corridor represent strategic area of growth of region urban of Jepara and have important role to serve activity interaction between town of Jepara with towns in north coastal area. Target of which wish to be reached in this research is to study influence of industrial estate and commerce of furniture in tahunan roadway to traffic in the form of journey attraction and influence of parking on street to mad capacities. While its target to analyse journey attraction, analysing movement of traffic, analysing influence park in street to capacities. Method which used in this research is field study, that is identifring to land use which beside Tahunan roadway, identtrying visitor, and identify moth of transportation of which park in street room. From identi firing this obtained type of activities of land, journey attraction characteristic, and effective wide of road. At the same time is also enumeration of traffic volume and road capacities. By using capacities analysis walke with condition of street room used to park and capacities analysis if parking in street room negated to be to be obtained by reduction of capacities besaran ( C). As last step, it is interesting conclusion and give recommendation pursuant to result of study above which at the same time to output from result of this study. From analysis, can be pulled by conclusion that industry and commerce of furniture in Tahunan roadway rapidly grow and become centre of commerce of furniture in Jepara because of its strategic location that is residing in as long as road corridor representing gateway into the city Jepara make the the area have level of high accesibility and accompanied by the existence of opportunity which good to economic activity or opportunity economical. Implication of the activity is awakening of journey of visit ( 30,71 % visitor in commerce of local meubel) and location inexistence park to make room walke for the activity of parking (65% visitors use car). On street parking both sides have influence which enough signifikan to degradation of capacities walke equal to 32,67 % or 844,57 smplhour and improvement of saturation degree 0,23. Resolving of problems of traffic in Tahunan roadway in giving service of efficient and effective transportation able to support society activities either in industrial estate and commerce of society and also meubel consumer of done difficult. This matter is caused by at Tahunan roadway of approach of driven supply have cannot be developed again, its meaning of saturation level ( peak of hour) cannot be improved with enlargement of road or improvernent of mad capacities. Handling forms cannot be conducted by parsial however done integrated and systematically by considering various aspect in concerned in it goodness arrangement of traffic (traffic management) and also system development of road network.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Urban and Regional Planning
ID Code:12402
Deposited By:Ms upt perpus3
Deposited On:31 May 2010 09:15
Last Modified:31 May 2010 09:15

Repository Staff Only: item control page