KEPUASAN IBU BERSALIN TERHADAP PELAYANAN KEBIDANAN DI RSVP Dr. KARIADI

ADIWARSO, NUGROHO (2001) KEPUASAN IBU BERSALIN TERHADAP PELAYANAN KEBIDANAN DI RSVP Dr. KARIADI. Masters thesis, Program Pendidikan Pasca sarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
1418Kb

Abstract

Rumah sakit agar dapat mengemban misi pelayanan sekaligus mampti bertahan dalam menghadapi persaingan global, maka hams tanggap terhadap perubahan - perubahan yang terjadi, untuk kemudian dapat niengantisipasi sesuai dengan keinginan dan kebutuhan masyarakat dengan selalu mengacu pada kepuasan konsumen. Konsumen akan merasa puas apabila antara harapan dan kenyataan mengenai pelayanan kesehatan yang dialami ada persamaan. Penelitian ini menggunakan rancang pre - post test design dengan metode wawancara mendalam dilanjutkan dengan kuesener tersetruktur, Subyek penelitian adalah ibu hamil aterm yang melahirkan di RSVP Dr, Kariadi yang memenuhi syarat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pelayanan kebid.anan di RSUP Dr. Kariadi sesuai harapan pasien.. Selama bulan Desember 2000 - Maret 2001 diwawancarai 90 responden dengan rata-rata umur 27 ± 2,05 tahun, terbanyak berpendidikan SMU 34 orang (37,8 %), sebagian besar responden 58 ()rang ( 64,4 % ) tidak bekerja, dengan status . ekonomi terbanyak (54, 4% ) status ekonomi sedang, sebagian besar responden bertempat tinggal di Kotamadya Semarang 73 orang (81,1%), Responden sebagian besar dirawat di kelas III 77 prang (85,6%), dengan 42 responden (46,6%) bare hamil pertama kali, terbanyak memeriksakan kehamilannya di bidan 43 orang (47,8 %) dan paling banyak datang ke RSUP Dr, Kariadi atas anjuran petugas kesehatan 46,7% Didapatkan perbedaan yang bermakna nilai rata-rata harapan dan kenyataan pada kualitas pelayanan, hubungan antar pribadi, sistem prosedur administrasi dan perawatan, sarana dan prasarana, serta kemudahan pelayanan, dimana nilai harapan lebih besar dart kenyataan. Didapatkan nilai harapan lebih besar clan kenyataan pada kepuasan total pelayanan kebidanan, perbedaan ini secara statistik bermakna (p < 0,005), Responden dengan status ekonomi dan pendidikan yang lebih tinggi serta ibu yang bekerja sebagai pegawai lebih tidak puas terhadap pelayanan kebidanan, dan secara statistik bermakna ( p < 0,005 ).. Dapat disimpulkan bahwa kepuasan terhadap pelayanan kebidanan lebih rendah setelah melahirkan (kenyataan) clad pada sebelum melahirkan (harapan).. Status ekonomi ,pendidikan serta pe.kerjaan ibu berpenganth terhadap kepuasan pelayanan kebidana.n.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Postgraduate Program > Doctor Program in Biomedical Science
ID Code:12240
Deposited By:Mr UPT Perpus 1
Deposited On:29 May 2010 17:21
Last Modified:29 May 2010 17:21

Repository Staff Only: item control page