GAMBARAN EEG • N HASIL TEST PERFORMANCE WISC PADA SISWA SEKOLAH DASAR DENGAN PRESTASI BELMAR RENDAH

RETNANINGSIH, RETNANINGSIH (2001) GAMBARAN EEG • N HASIL TEST PERFORMANCE WISC PADA SISWA SEKOLAH DASAR DENGAN PRESTASI BELMAR RENDAH. Masters thesis, Program Pendidikan Pasca sarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
2890Kb

Abstract

Latar belakang : Kesulitan belajar merupakan salah satu masalah bagi siswa di sekollah dalam mencapai prestasi belajar. Salah satu aspek dalam kesulitan belajar adalah aspek neuropsikologi yang merupakan perpaduan kedua fungsi hemisfer. otak. Test intelegensi WISC sering digunakan sebagai alat pemantau kecerdsan siswa. Pemeriksaan EEG memberikan informasi disfungsi serebral yang mengakibatkan gangguan kognitif. Abnomialitas neuropsikologi pada test IQ WISC berhubungan dengan abnormalitas EEG yang dapat menggambarkan latar belakang kesulitan belajar. Tujuan penelitian : Mengetahui perbedaan gambaran EEG pada siswa prestasi belajar rendah dengan siswa prestasi belajar tinggi. Manfaat : Memberi informasi gambaran EEG dan test IQ WISC sebagai pemeriksaan penunjang aspek neuropsikologis pada anak dengan kesulitan belajar. Rancangan peneletian : Crossectional komparatif dengan aspek Case Control study Lokasi penelitian : SD Petompon I dan II Kecamatan Gajah Mungkur Semarang Subyek penelitian : Siswa SD kelas IV, V, VI SD Petompon I dan II SemarangAnalisis : Analisa dilakukan dengan menghitung proporsi dengan uji beda (t-test, chie square test dan analisa multivariat dengan uji regresi logistik. Has il : Telah diteliti 21 siswa dengan prestasi belajar rendah sebagai kasus dan 21 siswa dengan prestasi belajar tinggi sebagai kontrol. • Pada siswa prestasi belajar rendah didapatkan perbedaan bernnakna dengan siswa prestasi belajar tinggi dalam hal sex, laki-laki lebih banyak, umur ibu lebih tua, tingkat pendidikan orang tua lebih rendah, abnormalitas pemeriksaan neurologis minor lebih banyak. Rerata skor IQ Verbal, IQ Performance dan IQ Total lebih rendah dan terbanyak dalam kategori IQ Average. Skor IQ Verbal lebih rendah dari IQ Performance. Abnormalitas EEG lebih banyak ditemukan paroksismalitas banyak terlihat pada derajat sedang dan berat dan menggambarkan IQ Verbal dan IQ Total yang lebih rendah. • Variabel yang berpengaruh paling kuat terhadap prestasi belajar rendah adalah : tingkat pendidikan ibu dan IQ Verbal. Kesimpulan : Didapatkan perbedaan yang bermakna temuan pemeriksaan neuropsikologis test IQ WISC dan gambaran EEG antara siswa prestasi belajar rendah dengan siswa prestasi belajar tinggi. Kata kunci : Prestasi belajar, test IQ WISC, Gambaran EEG

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Postgraduate Program > Doctor Program in Biomedical Science
ID Code:12117
Deposited By:Mr UPT Perpus 1
Deposited On:28 May 2010 10:23
Last Modified:28 May 2010 10:23

Repository Staff Only: item control page